Reservasi tiket KA jadi H-90

Sabtu, 10 Maret 2012 - 11:29 WIB
Reservasi tiket KA jadi H-90
Reservasi tiket KA jadi H-90
A A A
Sindonews.com - PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi (Daop) II Bandung memberlakukan reservasi pemesanan tiket H-90. Layanan ini berlaku mulai Kamis 8 Maret 2012.

Kepala Humas PTKA Daop 2 Bandung Bambang S Prayitno menjelaskan, layanan tersebut untuk meningkatkan pelayanan bagi calon penumpang kereta api.

"Dengan reservasi tiket H-90 masyarakat bisa melakukan pemesanan tiket kereta api 90 hari sebelum keberangkatan," jelas Bambang, melalui surat elektroniknya, Sabtu (10/3/2012).

Layanan reservasi H-90 berdasarkan telegram direksi nomor D6/26 tanggal 2 Maret 2012. Disebutkan, layanan ini hanya untuk kereta api kelas bisnis dan ekseskutif.

"Untuk reservasi kelas ekonomi masih 7 hari sebelum keberangkatan. Tapi tidak menutup kemungkinan kedepannya yang ekonomi akan diperpanjang waktu reservasinya," terangnya.

Pemesanan tiket bisa dilakukan di 19 loket stasiun KA online terdekat, termasuk di gerai Indomaret, kantor pos, agen-agen dan di sejumlah ATM BRI BII dan ATM bersama.

Lanjut Bambang, layanan pemesanan tiket secara online sebenarnya telah dilakukan sejak lama. Awalnya pemesanan tiket kereta api diberlakukan 30 hari sebelum keberangkatan. Lalu Agustus 2011 ditingkatkan jadi 40 hari sebelum keberangkatan.

"Dan sekarang jadi 90 hari sebelum keberangkatan.Dengan peningkatan layanan tersebut calon penumpang dapat lebih leluasa dalam memesan tiket kereta api, dan merencanakan perjalanannya," katanya.

Bambang menjelaskan, peningkatan layanan reservasi H-90 dilakukan seiring dengan beberapa kebijakan PTKA lainnya. Misalnya, pembatasan kapasitas angkut penumpang atau sesuai dengan jumlah tempat duduk yang tersedia, bebas asap selama dalam perjalanan kereta api, termasuk system Boarding pas di mana hanya penumpang yang memiliki tiket saja yang bisa memasuki area stasiun KA.

Meski demikian, lanjut Bambang, pihaknya masih membuka pembelian tiket langsung (go show) menjelang keberangkatan kereta api. Dengan catatan, tiket yang tersedia sisa dari reservasi.

"Tapi tidak menutup kemungkinan pihaknya pun akan melakukan penambahan gerbong penumpang bila pembelian tiket cukup tinggi," katanya.

Menurutnya, biasanya pembelian tiket membludak pada saat long weekend. Untuk mengantisipasi hal itu pihaknya biasa melakukan penambahan 1 hingga 3 gerbong kereta pada setiap rangkaian. "Sehingga pelanggan kereta api pun terlayani," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3775 seconds (0.1#10.140)