Bantaeng akan investasikan mesin bakso ikan Talas

Sabtu, 10 Maret 2012 - 12:21 WIB
Bantaeng akan investasikan mesin bakso ikan Talas
Bantaeng akan investasikan mesin bakso ikan Talas
A A A


Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menginvestasikan mesin untuk membuat bakso ikan dan talas.

Menurut Bupati Bantaeng HM Nurdin Ablullah, hal tersebut dilakukan untuk mendukung pasar internasional. Namun demikian, Nurdin mengaku belum bisa memastikan jumlah investasi yang akan dijalankan.

“Jadi nanti ada sistem dan bahan baku yang kami siapkan. Seperti ikan dan Talas,” ujar Nurdin, Sabtu (10/3/2012).

Saat ini Pemkab yang menggandeng Industri pengolahan ikan PT Global Seafood International Indonesia (GSII) Bantaeng, yang memproduksi bakso sehat berbahan baku ikan yang dicampur talas.

Ditunjang mesin berkapasitas produksi 280 ribu biji/jam, industri berbasis pengolahan surimi (ikan kaleng asal Bantaeng yang diekspor ke Jepang) itu optimistis produksinya mampu memenuhi permintaan lokal maupun ekspor.

Sebelumnya, General Manager PT GSII Bantaeng, Rilman Abdullah di Bantaeng, mengatakan, bakso sehat tersebut mulai diproduksi Januari 2012. Produksi tersebut dimaksudkan untuk menjawab permintaan sejumlah negara seperti Jepang dan Korea Selatan (Korsel). Di negara tersebut, bakso sehat ini dijual di super market serta memenuhi kebutuhan restoran.

Rilman optimis, perusahaan yang berpangkalan di Kecamatan Pa’jukukang Bantaeng itu mampu memenuhi permintaan lokal. Menurutnya, masyarakat Sulsel atau Indonesia pada umumnya akan tertarik mengkonsumsi jenis bakso sehat sebab bahan bakunya dari ikan, talas dan tapioka.

Unsur ikannya bahkan mencapai 65 persen, terang Rilman seraya mengatakan, produksi besar-besaran akan dimulai bulan depan (Februari). Setelah memproduksi bakso, PT Global Seafood International Indonesia juga akan memproduksi stik berbahan baku yang sama.

"Kami tinggal menunggu cetakannya sebab mesin yan digunakan juga sama dengan mesin yang digunakan memproduksi bakso sehat," urainya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6455 seconds (0.1#10.140)