Inilah 30 pantai potensial di Tapanuli Tengah

Senin, 12 Maret 2012 - 08:03 WIB
Inilah 30 pantai potensial di Tapanuli Tengah
Inilah 30 pantai potensial di Tapanuli Tengah
A A A
Sindonews.com – Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) ternyata memiliki sebanyak 30 potensi wisata Bahari (pantai) yang panorama keindahan alamnya tidak kalah dengan pantai – pantai lainnya seperti Hawai di Amerika Serikat (AS), Kuta di Bali, Parangtritis di Yogyakarta, Bunaken dan lain sebagainya.

Ke-30 pantai ini tersebar di seluruh wilayah Tapteng yang sebagian besar diantaranya merupakan pantai di pulau - pulau. Namun, semua pantai itu belum terkelola dengan baik, sehingga belum dapat dinikmati masyarakat ataupun wisatawan.

Adapaun ke-30 pantai tersebut adalah Pantai Indah Kalangan, Pantai Indah Pandan, Pantai Kahona, Pantai Hajoran, Pantai Sitiris - tiris, Pantai Pasir Putih, Pantai Binasi, Pantai Pulau Ungge, Pantai Bottot, Pantai Monyet, Pantai Sihapas, Pantai Maloko, Pantai Sijago - jago, Pantai Pondok Udang, Pantai Labuan Nasonang, Pantai Labuan Mandailing dan Pantai Ujung Batu Pari.

Kemudian Pantai Pulau Pane, Pantai Pulau Karang, Pantai Kade Tigo, Pantai Kade Gadang, Pantai Kinali, Pantai Batu Gerigis, Pantai Kuta, Pantai Sipaubat, Pantai Simanuk - manuk, Pantai Muara Kolang, Pantai Pulau Bandang, Pantai Pulau Silabu - labu dan Pantai Muara Tapus.

Viko dan Anneke Jodi pada acara malam Temu Ramah dari tim Insert salah satu stasiun TV Nasional dengan Bupati dan Wakil Bupati Tapteng di Ballroom Hotel Bumi Asih Pandan baru – baru ini mengakui bahwa keindahan alam (pantai) di Tapteng sangat luar biasa.

“Saya menyampaikan ini secara jujur. Sudah banyak pulau dan pantai di Indonesia yang telah saya kunjungi, namun pantai di Tapteng adalah yang nomor satu. Selain bersih dan indah, pantai di Tapteng masih alami (original),” kata Viko, selaku Host di acara Insert di stasiun TV Nasional tersebut.

Dia ungkap Niko, sebelumnya tidak percaya atas info dari beberapa artis yang pernah datang ke Tapteng, seperti Irfan Hakim. Kala itu dipikirannnya hanya pantai Kuta Bali yang terindah di Indonesia. “Ternyata, setelah kami buktikan, ternyata tidak. Pantai di Tapteng benar – benar indah dan bila dikelola dengan baik, potensi ini akan sangat terkenal di dunia. Soalnya, kami sendiri merasa sangat betah dan ingin berlama - lama lagi disini,” tuturnya.

Viko mengaku sudah mengunjungi Pantai Binasi, Pantai Kahona, Pantai Pulau Putri dan Pantai Indah Pandan dan suatu saat akan kembali lagi ke Tapteng untuk menikmati keindahan semua ini.

Keindahan panorama pantai-pantai yang ada di Tapteng ini sebelumnya juga sudah diakui oleh beberapa artis top Nasional seperti Nadine Chandrawinata, Zivana Litasha Siregar, Mister Limbad, Irfan Hakim, Wulan Kanjeng Mami, Titi Sjuman dan Rio Dewanto.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Tapteng, Budiman Ginting yang dikonfirmasi Minggu (11/3) kemarin mengakui, bahwa keindahan panorama pantai di Tapteng tidak kalah dengan berbagai wisata pantai terkenal lainnya didunia. Selain memiliki hamparan pasir putih yang menawan, kebanyakan pantai ini juga memiliki laut yang landai, sehingga sangat layak dijadikan sebagai lokasi berjemur maupun berenang oleh para wisatawan.

Dia juga mengatakan, selama ini, keindahan dan potensi wisata pantai di Tapteng sama sekali tidak dikenal, karena tidak pernah terekspos. Sehingga, wisatawan luar daerah maupun wisatwan asing, termasuk warga Tapteng sendiri tidak tahu akan adanya potensi itu.

“Maka, dengan adanya program Bupati yang ingin menjadikan Tapteng sebagai Negeri Wisata Sejuta Pesona, Pemkab Tapteng akan berusaha mengembangkan wisata pantai ini sebagai salah satu potensi wisata unggulan,” tukas Budiman Ginting.

Dalam hal ini ungkap Budiman, Pemkab Tapteng berencana akan membenahi seluruh pantai ini, termasuk membangun infrastruktur pendukungnya. Sehingga seluruh pantai di Tapteng ini akan menjadi objek wisata terkenal di seantero dunia.

“Dalam rangka pengembangan pariwisata pantai ini, tidak tertutup kemungkinan Pemkab Tapteng akan menggandeng para investor swasta.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4974 seconds (0.1#10.140)