BBM premium di jalur Pantura langka

Senin, 12 Maret 2012 - 19:53 WIB
BBM premium di jalur Pantura langka
BBM premium di jalur Pantura langka
A A A
Sindonews.com - Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis premium kembali terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pantura, Demak, Jawa Tengah. Kelangkaan ini dipicu meningkatnya permintaan hingga 40 persen.

Misalnya kelangkaan premium yang terjadi di jalur pantura APBU Karanganyar. Sejumlah kendaraan yang hendak mengisi BBM pun harus kembali putar arah, karena tak ada stok premium yang tersisa. Menurut pengelola SPBU, kelangkaan tersebut telah dilaporkan ke pertamina dan berharap pasokan segera dikirim.

"Permintaan premium meningkat antara 30 persen hingga 40 persen. Biasanya stok 16 ton premium bisa mencukupi hingga 2 hari, namun sejak beredarnya kabar harga BBM akan dinaikkan, stok tersebut seringkali habis, sebelum jadwal pasokan dari Pertamina tiba," ucap salah seorang operator SPBU di Pantura Demak, Aris, Senin (12/3/2012).

Dia juga menambahkan banyak pengendara yang bolak-balik mengisi tangki hingga penuh, namun ia tidak dapat memastikan BBM yang dibeli itu untuk ditimbun atau hanya untuk konsumsi bahan bakar kendaraan.

Meski sejumlah SPBU di beberapa daerah telah dijaga polisi untuk mencegah aksi penimbunan namun seluruh SPBU di Demak belum mendapatkan penjagaan aparat.

Sementara, Kasubbag Humas Polres Demak, AKP Sutomo yang dihubungi melalui telepon mengatakan pihaknya masih menunggu perkembangan di lapangan, sebelum menerjunkan personel polisi di setiap SPBU. "Polisi akan berkoordinasi dengan dinas terkait, tentang aturan pembatasan pembelian BBM," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3701 seconds (0.1#10.140)