Marak penggelapan pajak akibat SDM buruk

Selasa, 13 Maret 2012 - 19:05 WIB
Marak penggelapan pajak...
Marak penggelapan pajak akibat SDM buruk
A A A
Sindonews.com - Melihat kasus penyelewengan yang kerap terjadi di Direktorat Jendral (Ditjen) Pajak, Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo menilai titik permasalahannya terletak pada kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

"Jadi yang kita lihat harus betul-betul cepat diperbaiki adalah tentu dari kualitas dan kapasitas sumber daya manusia," ungkap Agus saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3/2012).

Peningkatan perbaikan tersebut, menurutnya harus dengan penegasan komitmen. Dengan kata lain, poin tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja Kementerian Keuangan secara keseluruhan.

Selanjutnya, kata Agus, perbaikan juga harus dilakukan terhadap sistem dan policy. Kemudian setelah itu, perbaikan akan dilajutkan kepada proses penerimaan pajak.

"Itu kita perbaiki di banyak aspek, mulai dari pemeriksaan, keberataan, banding, internal control, penagihan sampai ke teknologi informasi," jelas Agus.

Agus juga menyinggung sedikit mengenai wajib pajak perorangan. Menurutnya, wajib pajak sengaja memainkan peraturan-peraturan yang ada dengan memberikan pengaruh terhadap para pegawai Ditjen Pajak

"Banyak yang masih menggunakan perantara yang membuat wajib pajak perorangan, khususnya yang membayar pajak lebih progresif tetapi mereka bisa menggunakan peraturan-peraturan tertentu sehingga belum membayar pajak seperti yang seharusnya dibayar," paparnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5082 seconds (0.1#10.140)