Pertama kalinya Bulog beli beras petani

Rabu, 14 Maret 2012 - 11:21 WIB
Pertama kalinya Bulog...
Pertama kalinya Bulog beli beras petani
A A A


Sindonews.com - Untuk pertama kalinya, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatera Utara (Sumut) membeli beras dari petani. Pembelian ini dilakukan untuk menambah stok beras.

Humas Bulog Divre Sumut Rusli menuturkan, Bulog sudah membeli 378 ton beras dari petani. Bulog akhirnya bisa membeli beras petani lantaran sedang terjadi musim panen yang membuat tren harga jual cenderung menurun, atau sama dengan harga pembelian pemerintah (HPP) sebesar Rp6.600 per kilogram.

“Bulog Sub Divre Medan bisa membeli beras sebanyak 295 ton, disusul Padangsidimpuan 57 ton, dan Kisaran 25 ton lebih, sehingga totalnya mencapai sebanyak 378 ton,” katanya kepada wartawan, Selasa 13 Maret 2012.

Rusli mengakui, mendekati masa panen, Bulog memang membentuk satuan tugas (satgas) untuk memantau harga beras petani pascapanen raya tanaman padi di daerah itu. Panen raya padi mengkhawatirkan pemerintah karena bisa berdampak pada penurunan harga gabah dan beras di tingkat petani. Selama ini, Bulog belum bisa membeli beras dari petani karena harganya selalu jauh di atas HPP.

Pengamat ekonomi Sumut, John Tafbu Ritonga mengatakan, berhasilnya Bulog membeli beras petani menunjukkan terjadinya penurunan harga beras di daerah itu. Kondisi ini harus diwaspadai pemerintah agar petani tidak mengalami kerugian besar yang berakibat pada keengganan petani bertanam padi.

“Sebaiknya pemerintah benar-benar menerapkan pembelian secara komersial. Jadi langkah itu bukan hanya menguntungkan petani tetapi juga Bulog dan pemerintah,” tandasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1968 seconds (0.1#10.140)