Gaji TKI Malaysia dinaikkan

Jum'at, 16 Maret 2012 - 09:23 WIB
Gaji TKI Malaysia dinaikkan
Gaji TKI Malaysia dinaikkan
A A A
Sindonews.com - Menjelang pengiriman kembali Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia, pemerintah menyatakan gaji pekerja domestik yang bekerja di negeri jiran itu akan dinaikkan menjadi 808 ringgit.

Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemenakertrans Reyna Usman Ahmadi mengatakan, Joint Task Force (JTF) berupaya untuk menaikkan gaji TKI di Malaysia dari 350–400 ringgit menjadi 700 ringgit.

Namun, majikan juga mesti membayar 108 ringgit pada saat TKI libur sehari dalam sepekan. Jika ditotal, TKI yang bekerja di Malaysia akan mendapatkan gaji 808 ringgit atau sekitar Rp2,4 juta per orang.

Reyna mengatakan, gaji tersebut akan berlaku untuk TKI dengan profesi juru masak (cook), penjaga rumah (caretaker), pengasuh anak (babysitter), dan pengasuh orang tua (caredriver).

Reyna menjelaskan, kemungkinan pengiriman TKI ke negeri jiran tersebut akan dimulai awal April 2012. "JP Visa (visa kunjungan/turis) tidak akan diberlakukan lagi. Kita minta visa kerja diberikan ke TKI yang sudah memiliki sertifikat kompetensi," kata Reyna di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, kemarin.

Reyna menjelaskan, pada April nanti sudah ada 106 TKI yang direkrut oleh sembilan PelaksanaPenempatan TKISwasta (PPTKIS) dari 12 PPTKIS yang dinyatakan siap memberangkatkan tenaga kerja ke Malaysia.

Reyna menambahkan, dalam kontrak kerja yang akan direvisi, jika terjadi kasus kekerasan kepada TKI, dapat langsung dibawa ke muka pengadilan di Malaysia.

Sebelumnya hal itu tidak diprioritaskan dalam kontrak lama. Menakertrans Muhaimin Iskandar memastikan pengiriman TKI ke Malaysia akan dilaksanakan pada April 2012.

Penundaan pengiriman TKI ke Malaysia sebelumnya disebabkan ada kesepakatan Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia yang belum disepakati yakni calon TKI yang akan bekerja pada sektor domestik ke Malaysia harus mengikuti pelatihan minimal 200 jam pelajaran. (san)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8182 seconds (0.1#10.140)