Warga di sekitar tower diasuransikan

Jum'at, 16 Maret 2012 - 10:41 WIB
Warga di sekitar tower diasuransikan
Warga di sekitar tower diasuransikan
A A A
Sindonews.com – Kabar gembira bagi masyarakat yang bermukim di sekitar menara telekomunikasi. Perusahaan pemilik menara diwajibkan menjamin asuransi kesehatan dan jiwa warga.

Kewajiban itu tertuang dalam rancangan peraturan daerah (raperda) penataan menara telekomunikasi. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar menargetkan pembahasan raperda penataan menara telekomunikasi ini rampung pekan depan. Saat ini sisa satu item utama dalam rancangan perda tersebut yang proses pembahasannya masih alot, yakni pelibatan masyarakat.

Sementara pasal tentang pemberian jaminan asuransi kesehatan dan jiwa bagi masyarakat yang bermukim di sekitar menara telekomunikasi telah disepakati Dewan. Ketua Pansus Raperda Penataan Menara Telekomunikasi M Yunus HJ mengatakan, perlindungan asuransi kepada masyarakat yang bermukim di sekitar menara telekomunikasi sangat diperlukan.

“Asuransi itu untuk antisipasi jangan sampai roboh dan ada korban serta potensi lainnya, seperti radiasi.Penjaminnya adalah perusahaan pemilik menara, kalau perusahaan provider memiliki, harus pula menjamin asuransinya,”papar dia kepada Sindo,kemarin.

Politikus Partai Hanura itu menyebutkan, raperda tentang penataan menara telekomu-nikasi seutuhnya inisiatif sejumlah anggota Dewan dengan tujuan menghindarkan Makassar ini menjadi hutan menara.

“Nanti juga pembangunan menara itu letaknya harus jauh dari kawasan permukiman, selain ada pagar keliling,”papar dia. Anggota pansus lainnya, Abd Rauf Rachman, mengatakan, penerapan perda penataan menara telekomunikasi ini akan bersinergis dengan rencana tata ruang dan wilayah (RTRW). “Sekarang ini yang menjadi perdebatan di pansus juga adalah pelibatan masyarakat. Apakah pelibatan ini juga termasuk dalam perencanaan konstruksi bangunan menara,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Sindo,jumlah menara telekomunikasi telah mencapai 100 unit dan tersebar di seluruh penjuru Makassar. Ratarata perusahaan provider masing- masing memiliki menara untuk memasang BTS.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7987 seconds (0.1#10.140)