BLT pasti ampuh, asal...

Sabtu, 17 Maret 2012 - 17:43 WIB
BLT pasti ampuh, asal...
BLT pasti ampuh, asal...
A A A
Sindonews.com - Pengamat Ekonomi Universitas Padjadjaran (Unpad) Kodrat Wibowo menilai Pemberian Batuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) merupakan senjata ampuh mendongkrak daya beli masyarakat ditengah kenaikan BBM bersubsidi yang akan dilakukan pemerintah tahun ini. Namun, pemerintah harus memastikan penyalurannya tepat sasaran.

"BLT atau BLSM ini pasti ampuh kalau dilakukan dengan benar, kalau tahun-tahun sebelumnya memang tidak efektif karena ada banyak sistem administrasinya yang tidak baik," ujarnya saat ditemui saat menghadiri acara Sindo Radio di Warung Daun, Menteng, Jakarta, Sabtu (17/3/2012).

Kodrat menjelaskan, jika dilihat dari proses penyaluran BLT tahun-tahun sebelumnya, pemerintah seharusnya memperbaiki hal tersebut khususnya terkait dengan data penerima kompensasi tersebut. Sehingga nantinya apa yang menjadi tujuan pemerintah yaitu meningkatkan daya beli masyarakt miskin yang terkena dampak dapat terwujud.

"Data yang digunakan itu data-data 2-3 tahun sebelumnya jadi yang sebelumnya miskin sudah tidak miskin lagi jadi. Tak tepat sasaran. Besar harapan saya tahun ini program ini bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.

Beberapa waktu sebelumnya, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan pemerintah sejauh ini telah mengevaluasi data penerima BLSM. Sehingga nantinya diharapkan masyarakat yang tidak berhak, tidak akan menerima kompensasi tersebut.

"Verifikasi sudah di beberapa tempat, betul enggak data ini. Akurat. Kalau nanti ada kesalahan maka tiap tiga bulan bisa di evaluasi . Kalau ada yang tidak berhak maka kita ganti dengan yang berhak," ungkap Agung.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5095 seconds (0.1#10.140)