Kementerian BUMN cetak 100 ribu ha sawah baru

Minggu, 18 Maret 2012 - 12:28 WIB
Kementerian BUMN cetak 100 ribu ha sawah baru
Kementerian BUMN cetak 100 ribu ha sawah baru
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menargetkan bisa mencetak sawah baru seluas 100.000 hektare. Target tersebut sebagai upaya BUMN untuk mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

Dahlan mengatakan, tiap tahun, Indonesia mengimpor beras dari Thailand sebanyak 1,5 juta ton. "Jika Thailand kena banjir atau hal lain, Indonesia harus mencari cara untuk memenuhi kebutuhan beras tersebut. Maka BUMN harus ikut menangani masalah pangan di Indonesia," ungkap Dahlan dalam Studium Generale ITB bertema menuju BUMN sebagai Perusahaan Kelas Dunia, sore kemarin, Sabtu 17 Maret.

Sementara Deputi Bidang Usaha Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN, Sumaryanto Widayatin, menambahkan program 100 ribu ha lahan sawah baru sudah berjalan.

Menurutnya, kebijakan pengadaan lahan sawah baru tidak akan tumpang tindih dengan program kementerian yang lain.

"BUMN tak hanya membangun ketahanan pangan tapi juga mengatasi masalah teknologinya," katanya, di tempat yang sama.

Dia juga menuturkan, pihaknya mengembangkan sagu tapi tidak hanya menanam. Lalu dengan sentuhan teknologi sagu direkayasa hingga rasanya seperti beras. Namun tetap hargnya jauh lebih murah.

"Pengelolan program 100 Ha lahan sawah baru ini kita serahkan ke beberapa BUMN yang bergerak di Bidang Pertanian," terangnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4709 seconds (0.1#10.140)