Bisnis transportasi kian kompetitif

Rabu, 21 Maret 2012 - 10:55 WIB
Bisnis transportasi kian kompetitif
Bisnis transportasi kian kompetitif
A A A
Sindonews.com - Kereta api cepat Jakarta-Bandung memang baru sebatas rencana, namun apabila rencana ini terealisasi maka akan memacu persaingan bisnis transportasi yang kompetitif. Tidak mustahil, warga akan lebih memilih kereta api cepat ketimbang alat transportasi yang ada saat ini.

Ketua Asosiasi Pengusaha Travel Bandung Andrew Arristianto mengatakan, rencana Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) membuat kereta cepat Bandung- Jakarta dengan waktu tempuh 45 menit, kemungkinan berimbas terhadap bisnis travel. Angkutan travel berpotensi kurang diminati penumpang.

“Efeknya pasti ada. Tapi, kami belum bisa memperkirakan lebih lanjut. Karena, wacana ini masih sangat dangkal dan belum tahu seperti apa teknis operasionalnya,” kata Andrew di Bandung, Selasa 20 Maret 2012.

Pengusaha travel, lanjut dia, siap bersaing apabila kereta cepat masuk kawasan tersebut. Beberapa langkah yang bisa ditempuh, yakni mempercepat waktu tempuh, dengan menuntut fasilitas maksimal kepada pengelola jalan tol. Selama ini, kemacetan menjadi penyebab utama lambatnya waktu tempuh travel Bandung-Jakarta. “Kami siap bersaing. Itu bisa kami lakukan, apabila skema kereta cepat sudah pasti,” tuturnya.

Salah satu strategi yang akan disasar adalah tarif angkutan. Operator travel bisa memberi tarif lebih murah ketimbang tarif kereta cepat. Langkah tersebut diharapkan menarik minat masyarakat menggunakan travel.

Kepala Humas Daop II Bandung Bambang S Prayitno belum bisa berkomentar terkait rencana pemerintah membuat kereta cepat Bandung-Jakarta. “Pada intinya, wacana tersebut sangat bagus, karena pelayanan terhadap konsumen transportasi massal akan lebih baik,” kata Bambang.

Ketika disinggung kesiapan PT KAI menjadi operator kereta cepat, Bambang mengaku menyerahkan hal tersebut kepada pemerintah. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8311 seconds (0.1#10.140)