Kemenkop dukung percepatan panen padi

Sabtu, 24 Maret 2012 - 10:20 WIB
Kemenkop dukung percepatan panen padi
Kemenkop dukung percepatan panen padi
A A A
Sindonews.com - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) bekerja sama dengan PT Vitafarm mendukung percepatan panen padi. Dengan hasil kerja sama ini, penyebaran pupuk organik produk Vitafarm telah mencapai delapan provinsi di Indonesia.

“Kerja sama di beberapa daerah merupakan program untuk revitalisasi dan meningkatkan kesejahteraan petani secara berkelanjutan,” ujar Deputi Produksi Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo saat acara Panen Bersama di Lampung, kemarin.

Direktur Utama PT Vitafarm Jefrie Margono mengatakan, kedelapan provinsi yang telah melakukan kerja sama dengan Vitafarm adalah Jatim, Jateng, DIY, Jabar, Banten, Sumsel, Sumbar, Sulsel.

“Kami dengan pemerintah mengadakan training kepada petani-petani, dan dengan acara ini juga kita mengundang dari kementerian koperasi dan UKM, sehingga kita mengharapkan dengan jalur koperasi sudah ada pembinaan tersendiri, sehingga bisa menjangkau jangkauan kami yang lebih luas,” ungkapnya.

Dia memaparkan, dari hasil pupuk produk Vitafarm ini, percepatan masa panen padi petani bisa lebih cepat 10–15 hari. “Jika sebelumnya masa panen bisa mencapai 110–115 hari, bila memakai pupuk organik Vitafarm bisa panen 100 hari atau bahkan di bawah 100 hari,” paparnya.

Dia melanjutkan, penggunaan pupuk organik ini dari segi produktivitas meningkat, baik efisiensi waktu maupun kualitas padi yang dihasilkan.

“Paling inti adalah dari segi lingkungan membuat petani tidak lagi membakar jerami, karena CO2 mendapat teguran dari WHO, untuk kepentingan lingkungan hidup. Jadi harus mendapat bantuan dari semua pihak,” paparnya.

Selain itu, lanjut dia, dengan produk Vitafarm ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi gejala urban. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7115 seconds (0.1#10.140)