Sido Muncul bidik kenaikan ekspor 100%

Kamis, 29 Maret 2012 - 12:42 WIB
Sido Muncul bidik kenaikan ekspor 100%
Sido Muncul bidik kenaikan ekspor 100%
A A A


Sindonews.com - PT Sido Muncul tahun ini menargetkan ekspor naik hingga 100 persen. Adapun produk yang diharapkan mampu mendongkrak kontribusi pendapatan dari pasar mancanegara adalah produk obat herbal dan farmasi.

Menurut Sales Manager PT Sido Muncul Rico Andrea Hidayat, peningkatan penjualan ke pasar ekspor produk obat herbal dan farmasi Sido Muncul, diarahkan ke kawasan Asia Tenggara, Australia dan Eropa. Langkah tersebut dilakukan menyusul tingginya permintaan produk Sido Muncul di kawasan negara itu.

Diakui Rico, produk yang dijadikan andalan untuk pasar ekspor di antaranya Tolak Angin dan Kuku Bima. Dari tahun ke tahun penjualan ekspor produk tersebut naik sangat signifikan. "Saat ini kontribusi ekspor baru berkisar 6-10 persen dari total penjualan perusahaan. Karena itu kita akan lebih fokus lagi," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Jakarta Kamis (29/3/2012).

Rico juga menjelaskan, selama ini penjualan produk Sido Muncul seperti Tolak Angin dan Kuku Bima telah dilakukan baik melalui agen skala kecil maupun dibawa oleh warga Indonesia yang bepergian ke luar Indonesia, ataupun para tenaga kerja (TKI). Kedua produk tersebut sudah banyak dikenal di luar negeri.

“Tahap awal akan ekspor ke kawasan Asean seperti seperti Malaysia, Singapura, Thailand, kemudian ke Brunei, Hong Kong, China, Jeddah hingga Australia. Setelah itu menyusul ke Eropa. Dengan upaya ini, jika 2011 kontribusi ekspor baru 6 persen, tahun ini diharapkan bisa naik 100 persen,” katanya.

Hal senada dikatakan Senior Manager Public Relation Manager PT Sido Muncul Nanik R Sunarso. Untuk tahap awal Sido Muncul akan fokus pada ekspor Tolak Angin yang sudah menjadi obat herbal terstandar. Bahkan, Tolak Angin nantinya diharapkan menjadi ikon Sido Muncul di pasar ekspor,” ungkapnya.

Nanik menjelaskan, Sido Muncul akan terus melakukan inovasi sesuai kebutuhan pasar dan permintaan konsumen. Untuk produk kopi jahe misalnya, merupakan produk inovasi yang dirilis tahun lalu, dan terbukti hingga saat ini permintaannya sangat tinggi di berbagai daerah.

Tahun ini Sido Muncul kembali akan meluncurkan produk baru obat panas dalam, yaitu Alangsari plus dalam dua varian yakni ekstrak jeruk nipis dan ekstrak jeruk manis, serta satu lagi produk jahe susu untuk segala usia.

“Dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat seperti sekarang ini, Sido Muncul membuat produk sesuai kebutuhan konsumen seperti jahe susu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh serta alangsari obat panas dalam. Sedangkan kopi jahe sangat direspon masyarakat karena diproduksi dengan rendah gula,” kata Nanik. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7989 seconds (0.1#10.140)