2013, JNE luncurkan 2 anak usaha

Kamis, 29 Maret 2012 - 17:08 WIB
2013, JNE luncurkan 2 anak usaha
2013, JNE luncurkan 2 anak usaha
A A A
Sindonews.com - Perusahaan logistik, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) berniat membentuk holding company pada tahun depan. Nantinya, holding company itu akan membawahi dua anak usaha yakni express dan logistic.

Direktur Eksekutif JNE Johari Zein mengatakan, logistik saat ini masih menjadi divisi JNE. Akhir tahun ini, kata dia, logistik akan secara resmi diluncurkan sebagai anak usaha.

"Sekira November, kami akan launching logistik menjadi anak usaha. Kami akan membentuk holding company di 2013. Jadi ada dua anak usaha kami nantinya yakni express dan logistik," kata Johari dalam workshop JNE bertema When Logistic Matters, di Jakarta, Kamis (29/3/2012).

Dia berharap, apabila sudah resmi terbentuk menjadi anak usaha baru, logistik bisa mencapai penjualan sekira Rp100 miliar per tahun. Johari menambahkan, penjualan JNE tahun ini akan bertumbuh sekira 20 persen atau di atas Rp1 triliun. Dia menyebutkan, penjualan pada tahun lalu masih berada di bawah Rp1 triliun.

Bisnis belanja online yang semakin berkembang, kata dia, merupakan salah satu faktor pendukung pertumbuhan penjualan JNE.
"Penjualan tahun lalu belum kita audit. Tapi saya perkirakan di bawah Rp1 triliun. Tahun ini kita perkirakan akan mencapai di atas itu. Express akan terus kita kembangkan," jelasnya.

Direktur Marketing JNE Mohamad Feriadi menjelaskan, jumlah tonase secara rata-rata yang telah dikirimkan oleh JNE saat ini adalah sekira 80 ton per hari. Sedangkan hingga akhir tahun lalu, kata dia, jumlahnya masih sekira 65 ton per hari.

Menurutnya, sejumlah cara yang mendorong penjualan JNE antara lain adalah pesanan oleh-oleh nusantara (Pesona) dan pengiriman lintas kawasan (Pelikan).

Selain itu, Pesona, ditujukan untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mengirimkan produk mereka mulai dari sentra produksi hingga ke konsumen pemesan. "Pesona sudah berjalan sejak dua tahun lalu. Semangatnya supaya bisa memasarkan produk secara nasional,” ungkap Feriadi.

Menurutnya, pertumbuhan penjualan Pesona secara rata-rata adalah sekira 10 persen per bulan. Sedangkan Pelikan, kata dia, bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk mengirimkan barang.

Konsumen, lanjutnya, hanya tinggal membeli amplop khusus dengan terjangkau lalu tinggal memasukkannya ke kotak JNE khusus, sehingga tidak perlu antre di tempat pengiriman. "Konsumen tidak harus antre di counter sehingga lebih nyaman," ucapnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5027 seconds (0.1#10.140)