Pipa diperbaiki, pelanggan PDAM Sidoarjo kesulitan air

Kamis, 29 Maret 2012 - 17:43 WIB
Pipa diperbaiki, pelanggan PDAM Sidoarjo kesulitan air
Pipa diperbaiki, pelanggan PDAM Sidoarjo kesulitan air
A A A
Sindonews.com - Gara-gara ada penggantian pipa utama di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tawangsari, Taman, Sidoarjo, sekitar 60 ribu pelanggan PDAM Delta Tirta yang tersebar di empat kecamatan tidak akan mendapat suplai air bersih.

Empat kecamatan yang tidak teraliri air bersih mulai Sabtu 31 Maret 2012 pukul 11.00 WIB hingga Minggu 1 April 2012 pukul 11.00 WIB berada Kecamatan Gedangan, Waru, Sedati dan Taman. Di Kecamatan Waru, setidaknya ada 19 desa. Sedangkan di Kecamatan Gedangan Sedati yang terdampak ada delapan desa seperti Desa Bangah-Aloha, Keboan Sikep, Sawotratap, Semambung, Sedati, Sedati Agung, Sedati Gede dan Raya Juanda.

Demikian pula di Kecamatan Taman, meliputi Kelurahan Taman, Ketegan, Sepanjang, Bebekan, Wonocolo, Ngelom, Kalijaten, Geluran, Kedungturi, Kletek, Jemundo, Sadang, Gilang, Bringinbendo, Sidodadi, Kramat Jegu, Trosobo, Bohar dan Wage.

Suyitno, warga Perumahan Tropodo Asri, Kecamatan Waru, mengatakan jika sampai suplai air tidak mengalir sampai beberapa hari sangat merugikan pelanggan. "Kita terpaksa harus membeli air selama suplai air tidak mengalir," ujar Suyitno, Kamis (29/3/2012).

Untuk itulah, dia meminta agar PDAM Delta Tirta menyuplai air bersih ke kawasan yang tidak suplai airnya tidak mengalir. Hal ini sebagai bentuk kepedulian PDAM pada konsumennya. Apabila itu dilakukan, PDAM bertanggung jawab atas kerugian yang diterima konsumen.

Humas PDAM Delta Tirta Sidoarjo Yoyok Suprianto menjelaskan, matinya suplai air ke masyarakat selama dua hari akibat ada penggantian pipa utama. Pipa yang semula menggunakan HDPE diganti dengan pipa baja.

Pipa HDPE ada di lingkungan IPA Tawangsari yang selama ini dipakai umurnya sudah lebih dari 10 tahun dan sudh waktunya diganti. Apalagi jika terkena sinar matahari memuai dan jika terkena air (dingin) pipa mengecil sehingga memengaruhi kerja pompa pendistribusian ke masyarakat. “Pipa yang diganti panjangnya 120 meter dengan diameter 500 mm,” ujar Yoyok.

Penggantian pipa baja yang dipasang itu, lanjut Yoyok, diharapkan bisa meningkatkan debit air ke konsumen. Sebab, untuk menyuplai air ke pelanggan membutuhkan tekanan besar agar debit air tidak kecil. Apakah nanti akan ada suplai air ke pelanggan, menunggu kebijaksanaan lebih lanjut.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5239 seconds (0.1#10.140)