Tingkatkan daya saing melalui sumber daya lokal

Sabtu, 31 Maret 2012 - 14:29 WIB
Tingkatkan daya saing melalui sumber daya lokal
Tingkatkan daya saing melalui sumber daya lokal
A A A


Sindonews.com - Peningkatan daya saing yang difokuskan pada produk berbasis sumber daya lokal merupakan salah satu penerapan program pemerintah untuk target peningkatan nilai tambah, daya saing, dan ekspor.

"Hal ini merupakan salah satu penerapan program pemerintah khususnya Kementerian Pertanian (Kementan), yaitu program diversifikasi, baik pangan maupun komoditi unggulan. Sedangkan untuk target peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor, upaya yang dilakukan yaitu fokus pada dua hal yakni peningkatan kualitas dan jumlah olahan produk pertanian untuk mendukung peningkatan daya saing dan ekspor. Serta peningkatan jumlah olahan diukur dari rasio produk mentah dan olahan," ujar Menteri Pertanian Suswono, melalui siaran persnya, Sabtu (31/3/2012).

Sementara itu, pihak Ketua Panitia Rifda Ammarina mengatakan, melalui Agrinex Expo 2012 masyarakat diharapkan meningkatkan konsumsi agribisnis lokal dengan harga yang harus terus meningkat agar para petani bisa untung.

"Masyarakat juga diharapkan secara luas memberikan dukungan kepada berbagai kebijakan di sektor agribisnis. Sehingga Indonesia mandiri pangan dan petaninya bisa sejahtera bukan sekadar mimpi," ujarnya.

Rifda menambahkan, terangkatnya agribisnis akan membuat citra pertanian elegan di mata masyarakat, terutama anak-anak muda Indonesia. "Untuk itu upaya-upaya semacam Agrinex ini perlu terus didorong," tuturnya.

Dalam hal ini, Agrinex Expo adalah media bagi penyelenggaraan untuk menunjukan pencapaian di sektor Agribisnis Indonesia. Aginex juga media edukasi masyarakat untuk mengenal dan mencintai agribisnis Indonesia. Berbagai panggung talkshow dari masalah produksi, pembiayaan, kebijakan hingga promosi dibicarakan oleh pihak yang berkompeten. Agrinex Expo dibuka dan gratis selama tiga hari. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5234 seconds (0.1#10.140)