Harga beras di Bojonegoro stabil

Sabtu, 31 Maret 2012 - 14:33 WIB
Harga beras di Bojonegoro stabil
Harga beras di Bojonegoro stabil
A A A


Sindonews.com - Harga beras di sejumlah pasar tradisional di Bojonegoro hingga kini masih stabil. Harga beras kualitas sedang berkisar Rp6.500 per kilogram.

Namun, para pedagang memprediksikan harga beras di pasaran akan naik sekitar Rp100 hingga Rp200 per kilogram bila terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada April nanti.

Menurut Waris, 45, pedagang beras di Pasar Banjarsari, Kota Bojonegoro, sejak sebulan terakhir harga beras di pasaran stabil. Yaitu, beras kualitas sedang di kisaran Rp6.500 per kilogram, sedangkan beras kualitas bagus sekitar Rp7.000 per kilogram. “Hingga kini harga beras masih stabil,” ujar Waris.

Harga beras di pasaran belum terpengaruh dengan isu kenaikan harga BBM. Namun, ia memperkirakan bila pemerintah jadi menaikkan harga bahan bakar maka akan berpengaruh terhadap harga beras. Sebab, ongkos pengiriman gabah atau beras menjadi membengkak.

Sementara, stabilnya harga beras di pasaran kini dipengaruhi oleh masa panen padi yang terjadi di wilayah Bojonegoro saat ini. Ribuan hektare lahan padi di sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro kini sedang panen. Untuk harga gabah di tingkat petani kini di kisaran Rp3.000 per kilogram.

Menurut Kepala Bidang Produksi dan Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Bojonegoro, Agus Heryana, saat ini para petani memang sedang memasuki musim panen padi.

“Hasil panen padi kali ini cukup bagus lantaran tidak diserang hama wereng cokelat maupun terkena banjir,” ujarnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5081 seconds (0.1#10.140)