Memahami manfaat investasi asuransi

Minggu, 01 April 2012 - 12:24 WIB
Memahami manfaat investasi asuransi
Memahami manfaat investasi asuransi
A A A
Sindonews.com - Seseorang yang belum berkeluarga, kadang bingung bagaimana cara berinvestasi dalam bentuk asuransi. Karena seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali ditawarkan produk asuransi dengan berbagai macam jenis dan keuntungan.

Managing Partner Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini menjelaskan, ada beberapa jenis asuransi yang saat ini beredar di masyarakat. Yang pertama adalah asuransi jiwa, asuransi harta benda, dan asuransi kesehatan.

"Tidak semua orang butuh asuransi, tapi hampir semua orang butuh asuransi," katanya seperti dikutip dari okezone saat ditemui dalam Indonesian Financial Planning Expo 2012, di Smesco, Jakarta akhir pekan ini.

Lalu apa sebenarnya manfaat dari asuransi itu? Menurutnya, asuransi di beli karena seseorang ingin melindungi penghasilannya, harta bendanya, harta kekayaan, dari pengeluaran yang sifatnya tidak terduga. Asuransi kesehatan misalnya, seseorang yang kesehatannya sudah ditanggung oleh sebuah perusahaan tempatnya bekerja, tidak perlu membeli asuransi kesehatan. "Kecuali kita punya penyakit khusus, seperti kanker atau yang lainnya," jelasnya.

Selanjutnya, bagaimana dengan asuransi harta benda? Bagi seorang lajang yang belum memiliki harta seperti rumah ataupun mobil, asuransi harta benda ini juga belum dibutuhkan. Kemudian asuransi jiwa, Mike memaparkan asuransi jiwa diperlukan untuk melindungi seseorang dari penghasilan yang diperolehnya. Menurutnya, jika seseorang menjadi tulang punggung atas keluarganya maka asuransi jiwa ini sangat diperlukan.

"Misalnya lajang yang belum punya tanggungan dia enggak butuh asuransi itu. Tapi orang yang sudah berkeluarga sangat diperlukan untuk mempunyai asuransi karena dia punya tanggungan. Asuransi jiwa dibeli untuk melindungi seseorang dari akibat kehilangan penghasilannya. Seorang pencari nafkah dari keluarga, jika terjadi sesuatu dengannya maka keluarga bagimana? maka dengan adanya asuransi, keluarganya memperoleh santunan, keluarga bisa meneruskan hidupnya," katanya lagi.

Saat ini, memang banyak ditawarkan jenis asuransi. Ada yang menawarkan asuransi yang sekaligus dengan cara menabung. Mike menyarankan agar kita jeli memilih asuransi apa yang cocok dengan kebutuhan kita. Menurutnya, niat untuk menabung bagi kaum lajang merupakan hal yang sangat positif.

"Harus dilihat, apakah produknya tepat? Belum tentu, tidak perlu buang uang untuk asuransi, langsung saja menabung," tandasnya menyarankan. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6705 seconds (0.1#10.140)