DBS bisa jadi bank terbesar kelima di RI

Senin, 02 April 2012 - 14:46 WIB
DBS bisa jadi bank terbesar kelima di RI
DBS bisa jadi bank terbesar kelima di RI
A A A
Sindonews.com - DBS Group Holdings sebagai bank terbesar di Asia yang mengakuisisi 63,73 persen saham Bank Danamon dari Asia Financial Indonesia (AFI). Diharapkan kombinasi kedua bank ini nantinya menjadikan DBS menjadi bank terbesar kelima di Indonesia.

"DBS memiliki kekuatan di bidang trade finance, supply chain dan management, retail deposits, dan wealth management, sedangkan Bank Danamon sudah memiliki infrastruktur dan nasabah yang besar dan memiliki pertumbuhan UMKM yang cepat," ujar CEO dan Direktur dari DBS Group Piyush Gupta dalam konferensi pers yang digelar, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (2/4/2012).

Menurutnya, kedua bank nantinya dapat membuat DBS menjadi bank terbesar kelima di Indonesia. Meski begitu, Piyush belum secara eksplisit menuturkan rencananya ke depan, apakah setelah pembelian saham bank Danamon ini, terkait dengan merger ataupun akuisisi kedua bank ini.

"Danamon sudah punya bisnis yang strategis dan menguntungkan sebelumnya, itu tidak akan diubah," komentar dia.

Sebelumnya, DBS Group Holdings Ltd (DBS), bank terbesar di Asia yang berbasis di Singapura menyatakan telah membeli 68,37 persen saham Bank Danamon yang selama ini dipegang oleh Fullerton Financial Holdings Pte Ltd (FFH) pada Asia Financial Indonesia (AFI). Nilai transaksi ini sebesar Rp45,2 triliun atau sekira 6,2 miliar dolar Singapura.

Harga saham yang disepakati adalah Rp7.000 per saham Danamon yang disepakati AFI. Total nilai transaksi yang dibayarkan dalam bentuk 439 juta saham baru DBS dengan penerbitan saham sebesar 14,07 dolar Singapura. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3859 seconds (0.1#10.140)