Pemerintah didesak hentikan ekspor minyak

Senin, 09 April 2012 - 21:43 WIB
Pemerintah didesak hentikan ekspor minyak
Pemerintah didesak hentikan ekspor minyak
A A A


Sindonews.com - Pemerintah diminta untuk segera menghentikan ekspor minyak dengan alasan belum terpenuhinya kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam negeri saat ini.

Menurut Ketua Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Marwan Ja’far, pemerintah seharusnya bisa lebih mandiri dan berdaulat dalam memanfatkan energi dan sumber daya minyak dan gas yang dimiliki Indonesia saat ini.

”Kebutuhan BBM dalam negeri belum tentu terpenuhi, tapi anehnya kenapa minyak kita selalu diekspor. Sedangkan kita malah mengimpor minyak sehingga akhirnya malah menimbulkan keanehan,” ujar Marwan kepada wartawan di Jakarta, Senin (9/4/2012).

Menurut Marwan, sumber-sumber energi yang ada di negeri ini seharusnya dapat lebih dimaksimalkan untuk memenuhi energi dalam negeri lantaran kebutuhan energi kian tinggi di masyarakat.

”Tingginya kebutuhan energi ini karena dampak pesatnya pertumbuhan ekonomi kita. Ironisnya, Indonesia dipaksa untuk mengikuti mekanisme harga pasar dunia. Ini yang membuat kita tidak bisa mandiri. Padahal Indonesia adalah penghasil minyak dengan kualitas bagus,” jelasnya.

Marwan melanjutkan, kekayaan gas alam dan batubara selalu ada, sepanjang matahari masih bersinar sehingga kekayaan sumber daya alam selalu terbarukan dan tersedia dalam jumlah yang tak terhingga. ”Namun ini semua belum termanfaatkan secara optimal. Buktinya, sumber daya yang ada masih banyak dimanfaatkan orang asing,” nilainya.

Oleh karenanya Marwan mendesak pemerintah untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan energi untuk kebutuhan di dalam negeri sendiri. ”Organisasi sayap kami, Gema Saba akan kami terjunkan untuk memaksimalkan penggunaan energi. Semua kekuatan kami akan dikerahkan,” tegasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7804 seconds (0.1#10.140)