Rumput laut melimpah, Wajo belum mampu ngolah

Kamis, 12 April 2012 - 16:53 WIB
Rumput laut melimpah, Wajo belum mampu ngolah
Rumput laut melimpah, Wajo belum mampu ngolah
A A A
Sindonews.com - Diluar sektor pertanian, Kabupaten Wajo juga dikenal sebagai produsen rumput laut terbesar di Sulawesi Selatan. Bahkan informasi yang beredar, produksi rumput laut asal Bumi Lamaddukelleng ini terpaksa dilempar ke luar daerah. Alasannya meski berproduksi tinggi, namun masyarakat penghasil tumbuhan air ini belum bisa mengolahnya dengan baik.

Data yang dihimpun menyebutkan, ada enam kecamatan di Wajo ini yang eksis menghasilkan rumput laut. Antaranya, Kecamatan Penrang, Bola, Takkalalla, Pitumpanua dan Sajoanging serta Keera. 2011 lalu, produksinya mencapai 113.188 ton.

Hasil rumput laut ini bahkan disebutkan terus mengalami peningkatan produksi setiap tahunnya. Sebab, 2010 lalu hanya sekira 87.164 ton saja.

Salah seorang penyuluhan perikanan di Kecamatan Bola, Jusmin, mengatakan, selama ini, petani rumput laut di Wajo hanya cenderung melepas rumput lautnya dalam kondisi kering. Berbeda dengan yang terjadi di sejumlah daerah penghasil rumput laut lainnya, ada yang sudah bisa mengolahnya menjadi bahan makanan atau bahan-bahan kebutuhan lainnya.

"Petani rumput laut di Wajo sekarang ini hampir pasti bisa dikatakan masih pemula mengolah rumput laut, apalagi mereka terkendala modal. Hingga kini tercatat sekira 100 kelompok tani yang bergerak di sektor rumput laut. Setiap kelompoknya terdiri dari 30 orang petani," katanya.

Sesuai hasil pendataan, kata Jusmin, dalam satu hektarnya, petani rumput laut mampu memproduksi rumput laut hingga dua ton, "Kalau tahun ini, saya dengar luar biasa lagi produksinya," kata Jusmin.

Kadis Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Wajo, Andi Ampa Passamula, untuk memajukan sektor pertanian rumput laut ini, perlu dilakukan bimbingan secara terpadu kepada petani sebagaimana yang diintensifkan pihaknya saat ini.

"Kalaupun ada yang biasa mengolah jadi bahan makanan, paling sebatas konsumsi rumah tangga saja, seperti pembuatan sirup kue, dodol, agar-agar, permen, kue kering dan cemilan yang bahan dasarnya terbuat dari rumput laut," katanya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7427 seconds (0.1#10.140)