Angka kecelakaan kerja RI tinggi

Jum'at, 13 April 2012 - 11:00 WIB
Angka kecelakaan kerja RI tinggi
Angka kecelakaan kerja RI tinggi
A A A
Sindonews.com - Tingginya angka kecelakaan kerja di Indonesia bila dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Jamsostek mencatat setidaknya 75 ribu dari 95 ribu kejadian kecelakaan, terjadi di lingkungan kerja. Atas berbagai kecelakaan kerja yang terjadi setiap tahunnya menurut Jamsostek perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

"Kalau di Eropa angkanya sebesar itu (angka kecelakaan), presidennya sudah didemo. Nah kalau di Indonesia, ada pekerja 7 orang tewas jatuh dari ketinggian saat bekerja, sudah seperti angin lalu aja. Pemerintah harusnya lebih peka terhadap hal tersebut," ucap Kepala Bidang Pelayanan Jamsostek Cabang Cawang, Eko Nugriyanto di tengah-tengah pelatihan K3 yang diselenggarakan bekerja sama dengan PT Surveyor Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 12 April 2012.

Ia juga mengatakan kecelakaan kerja yang sering terjadi di Indonesia, hal tersebut bukan dikarenakan penyediaan perlengkapan keamanan yang tidak memadai semata. Tetapi juga diperparah dengan perilaku sadar keselamatan kerja yang rendah dari pekerja yang bersangkutan. "Sebanyak 2 ribu orang meninggal dunia dan 30 ribu lainnya mengalami cacat dalam kecelakaan kerja," tambahnya.

Ia juga menerangkan menilik kasus yang baru saja terjadi dimana seorang pekerja PU harus meregang nyawa setelah tersengat listrik di Jalan Terusan Kuningan, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu. Eko memandangnya sebagai gambaran umum besarnya angka kecelakaan kerja di Indonesia.

"Bicara keselamatan kerja bukan hanya soal fisik seperti memakai helm atau perlengkapan keselamatan lainnya, tetapi juga soal Behaviour (perilaku/kebiasaan). Mau atau tidak mereka menggunakan perlengkapan itu," tandasnya dalam pelatihan yang dihadiri 150 orang peserta tersebut. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4335 seconds (0.1#10.140)