Menristek dampingi penyempurnaan mobil Esemka

Jum'at, 13 April 2012 - 17:10 WIB
Menristek dampingi penyempurnaan mobil Esemka
Menristek dampingi penyempurnaan mobil Esemka
A A A
Sindonews.com - Guna mendorong penyempurnaan mobil Esemka, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) secara khusus akan mengirimkan tim pendampingan. Selain itu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga diperintahkan agar pro aktif dalam upaya uji kelayakan produk otomotif rakitan pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) tersebut.

“Kementerian Ristek memberikan perhatian khusus terhadap Esemka. Saya telah mengirimkan deputi untuk memberikan pendampingan. Berikan masukan supaya lebih baik. Kita backup Esemka ini. Lagipula BPPT ada di bawah saya juga,” ucap Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta kepada wartawan usai menjajal mobil Esemka, di Solo Techno Park (STP), Jumat (13/4/2012).

Dukungan pengembangan Esemka oleh Kementerian termasuk upaya pemerintah yang selama ini membiayai dana penelitian teknologi baru. Untuk mengembangkan produk otomotif pelajar menjadi sebuah industri manufaktur, Gusti Muhammad Hatta menegaskan pentingnya peran serta Kementerian Perindustrian.

“Di Kemenristek berupa pendampingan penelitian. Sedangkan pembuatan secara langsung butuh dukungan Kementerian Perindustrian,” lanjut dia.

Mengenai kemungkinan mobil Esemka lulus uji emisi, ia menegaskan hal tersebut tergantung keseriusan pemrakarsa. BTTP dalam hal ini berlaku obyektif terhadap semua pengajuan uji emisi. Ia meyakini pemberian supervisi oleh BPPT kepada tim Esemka merupakan perihal paling tepat guna mendukung kebangkitan produk otomotif dalam negeri. “Kami tetap harus bersikap adil. Jika memang hasil uji emisi itu baik, pastinya akan lulus,” kata dia.

Sedangkan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengatakan mobil Esemka jenis SUV Rajawali telah dinanti 10.600 pemesan. Produk otomotif jenis niaga, yakni Esemka Bima juga telah dipesan 6.000 unit. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3659 seconds (0.1#10.140)