RI-Selandia Baru perluas kerjasama geothermal

Senin, 16 April 2012 - 11:17 WIB
RI-Selandia Baru perluas kerjasama geothermal
RI-Selandia Baru perluas kerjasama geothermal
A A A
Sindonews.com - Indonesia menggandeng Selandia Baru untuk memperluas hubungan bisnisnya yang mencakup berbagai sektor seperti panas bumi (Geothermal), penerbangan serta sarana pendidikan.

Perdana Menteri Selandia Baru John Key menyatakan, Indonesia merupakan negara tujuan para investor. Hal tersebut terlihat dari label investment grade dan perkembangan demokrasi yang sangat bagus.

"Selandia Baru tertarik untuk melakukan beberapa hal dengan Indonesia, seperti hubungan bisnis, investasi dua arah dan hubungan perdagangan," ujar John Key dalam kata sambutnnya pada Seminar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia – Selandia Baru “Membangun Kemitraan yang Lebih Kuat" di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta, Senin (16/4/2012).

Posisi Indonesia yang signifikan sebagai mitra perdagangan dan investasi Selandia Baru diprediksi akan semakin tumbuh. Sedangkan pada tahapan sektor, prioritas utama akan difokuskan pada pengembangan teknologi panas bumi, penerbangan serta saranan pendidikan. "Diharapkan dapat memperluas hubungan sektor yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak," pungkasnya.

Seperti yang diketahui, Indonesia adalah pasar ekspor 10 terbesar di dunia bagi Selandia Baru dan terbesar di Asia Tenggara. Nilai ekspor Selandia baru ke Indonesia pada tahun 2011 sebesar 870 juta dolar Selandia Baru. Perdagangan bilateral di antara kedua negara mencapai 1,52 miliar dolar Selandia Baru. Indonesia merupakan sumber impor 10 terbesar bagi Selandia Baru dengan nilai 704 juta dolar Selandia Baru. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5516 seconds (0.1#10.140)