Industri konstruksi terus tumbuh

Rabu, 18 April 2012 - 10:48 WIB
Industri konstruksi terus tumbuh
Industri konstruksi terus tumbuh
A A A
Sindonews.com – Kepala Bidang Konstruksi Berkelanjutan Pusat Pembinaan Penyelenggaraan Kontruksi Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) Dewi Chomistriana mengatakan, konstruksi dan gedung merupakan industri yang memegang peranan penting didalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Tahun 2011, Kemen PU mendapat alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp57,96 triliun. Tahun 2012 meningkat menjadi Rp62,52 triliun. Tahun 2014 direncanakan meningkat menjadi Rp80 triliun. Kemen PU juga berupaya menarik pihak swasta untuk kerjasama pemerintah dan swasta (KPS) dalam memenuhi kebutuhan anggaran pembangunan infrastruktur yang mencapai Rp1.429,3 triliun.

Anggaran sebesar itu berasal dari APBN, APBD, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta. Pembangunan infrastruktur membutuhkan pengelolaan yang tepat dan dukungan berbagai peralatan, perlengkapan, material, transportasi, logistik dan teknologi. ”Anggaran dari pemerintah untuk Kemen PU tiap tahun terus meningkat. Diharapkan dengan pembangunan infrastruktur bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tandas Dewi.

Untuk itu,Kemen PU mendukung pameran Conbuild Mining yang akan digelar mulai 2 hingga 5 Mei 2012 di Jakarta Internasional Expo (JI Expo) Kemayoran Jakarta. Messe Munchen International (MMI) menargetkan jumlah pengunjung dalam Conbuild Mining Indonesia mencapai 8.000 orang. Pameran dagang internasionaluntukkonstruksi, gedung danpertambangan tersebutdigelar untuk kedua kalinya. Saat bersamaan, juga diadakan konferensi Renewables Indonesia.

Managing Director & CEO Asia Pacific MMI Asia Pte Ltd Ronald Unterburger mengatakan, tahunl alu,acara yang sudah digelar kedua kalinya ini berhasil menjaring pengunjung sebanyak 5.000 orang.

Ditanya apakah ada rencana menggelar Conbuild Mining Indonesia ini di Surabaya, Ronald mengatakan Jatim menjadi salah satu provinsi yang pertumbuhan ekonominya paling maju di Indonesia. Dia menyebutkan, tidak menutup kemungkinan pameran juga digelar di Surabaya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3398 seconds (0.1#10.140)