Akhir tahun, PLTU Bolok di Kupang beroperasi

Kamis, 19 April 2012 - 12:08 WIB
Akhir tahun, PLTU Bolok di Kupang beroperasi
Akhir tahun, PLTU Bolok di Kupang beroperasi
A A A
Sindonews.com - PT PLN (Persero) terus berupaya mempercepat penyelesaian proyek pembangunan Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) 10 ribu Mega Watt (MW) tahap 1 (fast track program/FTP 1) untuk mengurangi ketergantungan pada Bahan Bakar Minyak (BBM). Untuk di Nusa Tenggara Timur (NTT), PLN menargetkan satu unit proyek PLTU Bolok di Kupang dengan kapasitas 16,5 MW akan beroperasi akhir tahun ini.

"Saat ini progres pembangunan proyek telah mencapai 80 persen," kata Direktur Utama PLN Nur Pamudji saat meninjau proyek, Kamis (19/4/2012).

Dia juga menambahkan proyek dengan total kapasitas 2x16,5 MW ini termasuk bagian dari proyek PLTU 10 ribu MW tahap 1 untuk memperkuat kelistrikan di pulau Timor.

"Pekerjaan tinggal 20 persen yang terdiri dari testing dan comissioning, yaitu merangkai dan mensinkronkan ratusan peralatan PLTU. Ini juga merupakan bagian yang paling sulit dalam pekerjaan proyek pembangunan pusat pembangkit," ungkapnya.

Saat ini kelistrikan di NTT termasuk pulau Timor masih mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berbahan bakar minyak yang biayanya mahal. Kehadiran PLTU Bolok, Kupang ini juga akan sangat signifikan menurunkan biaya produksi karena beberapa PLTD akan bisa diistirahatkan.

Saat ini beban puncak di seluruh NTT sebesar 117 MW teridiri dari 18 sistem kelistrikan dan beban puncak di pulau Timor sekitar 59 MW yang terdiri dari empat sistem kelistrikan yang terpisah-pisah (isolated).

"Dengan hadirnya PLTU ini nantinya sistem kelistrikan di pulau Timor bisa diinterkoneksikan menjadi satu sistem yang terintegrasi sehingga dapat meningkatkan mutu dan keandalan pasokan listrik," ungkapnya.

Biaya investasi untuk pembangunan PLTU yang berlokasi di desa Bolok kabupaten Kupang ini sebesar Rp450 miliar bersumber dari anggaran PLN. Kebutuhan batubara PLTU Bolok sebesar 19 juta ton per tahun dan akan dipasok dari Kalimantan.

Hingga akhir 2011 PLN telah menyelesaikan pembangunan 3.790 MW PLTU FTP 1 dan pada tahun 2012 PLN menargetkan 3.172 MW PLTU akan siap beroperasi. Selebihnya akan beroperasi pada tahun 2013 dan 2014.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6797 seconds (0.1#10.140)