Cukai rokok naik, produksi rokok justru meningkat

Kamis, 19 April 2012 - 14:16 WIB
Cukai rokok naik, produksi rokok justru meningkat
Cukai rokok naik, produksi rokok justru meningkat
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa memastikan kenaikan cukai rokok, tidak akan berdampak negatif untuk produksi rokok, bahkan cenderung meningkat. Hal ini seiring dengan makin banyaknya jumlah penduduk yang termasuk kalangan perokok.

"Cenderung meningkat, karena penduduk meningkat. Produksi juga cukup tinggi," ungkap Hatta, saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, Kamis (19/4/2012).

Seperti yang diketahui, angka penerimaan negara dari rokok pada tahun 2011 sekira Rp77 triliun. Akan tetapi jika dikatakan pembatasan tembakau tidak bisa membatasi konsumsi, Hatta menegaskan, bahwa hal itu tidak tepat.

"Jangan diambil kesimpulan seperti itu. Tapi yang pasti, mudah-mudahan dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) ini akan ada kesadaran masyarakat," jelasnya.

Pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tembakau memang tidak kunjung jelas. Dari tahun sebelumnya, pemerintah selalu ingin aturan ini selesai, namun ternyata hanya sekedar wacana. Hari ini, kembali Rapat koordinasi antara Menteri Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, dan Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti di gelar mengenai Rancangan Peraturan Pemerintah RPP mengenai rokok menghasilkan keputusan diantaranya tidak melarang penjualan rokok, tidak melarang konsumsi rokok, serta tidak melarang memproduksi rokok.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5204 seconds (0.1#10.140)