Tidak semua rotan bisa digudangkan

Jum'at, 20 April 2012 - 14:20 WIB
Tidak semua rotan bisa digudangkan
Tidak semua rotan bisa digudangkan
A A A


Sindonews.com - Kepala Biro Pasar Fisik dan Jasa Kementerian Perdagangan Ismadjaja Toengkahie mengatakan pembuatan resi gudang untuk rotan juga terkait dengan kualitas rotan. Rotan yang bisa disimpan di dalam gudang bahan baku itu harus mempunyai beberapa kriteria khusus.

Pertama, komoditas rotan ini harus tahan lama disimpan di resi gudang agar tidak cepat rusak kualitasnya. Kedua, standar mutu. Dan ketiga, informasi harga yang pasti.

"Karena rotan ini merupakan komoditi yang strategis baik untuk dalam negeri maupun untuk luar negeri," ujar Isma di kantornya, Jakarta, Jumat (20/4/2012).

Lanjut Isma, pihaknya sudah turun ke lapangan untuk memverifikasi beberapa syarat rotan yang bisa masuk ke dalam resi gudang. Rencananya, akan dibentuk kelembagaan di daerah seperti koperasi yang tugasnya mengumpulkan rotan dari petani.

"Memang tidak bisa langsung masuk gudang dan dapatkan pembiayaan. Nantinya akan dibuat standar kualitasnya terlebih dahulu. Kalau semuanya lolos, baru masuk ke gudang," terangnya.

Nantinya, pembangunan resi gudang ini akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (pemda) setempat. "Setelah semuanya siap, maka akan diverifikasi apakah punya Standar Nasional Indonesia (SNI) atau tidak," tandasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5881 seconds (0.1#10.140)