PT Pos catat pengiriman TKI capai Rp20 miliar

Selasa, 24 April 2012 - 10:18 WIB
PT Pos catat pengiriman...
PT Pos catat pengiriman TKI capai Rp20 miliar
A A A
Sindonews.com – Transaksi keuangan yang dikirimkan tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Indramayu terus mengalami peningkatan. Konflik yang terjadi di wilayah Timur Tengah tidak menurunkan jumlah transaksi.

Pada April ini,kiriman uang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang sebagian besar berasal dari Timur Tengah mencapai Rp20 miliar. Angka itu naik dibandingkan Maret lalu yang hanya mencapai Rp16 miliar. Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Indramayu Norman Fitriadi mengatakan, dalam dua bulan terakhir terdapat lonjakan transaksi kiriman uang melalui jasa Western Union di Kantor Pos Indonesia.

“Sebagian besar uang kiriman itu berasal dari negara- negara di Timur Tengah. Meski banyak konflik di negara-negara Arab, namun frekuensi pengiriman uang tetap tinggi,”katanya. PT Pos juga mencatat pada April lalu terdapat 17 ribu transaksi keuangan dari luar negeri.“ Jumlah transaksi tersebut merupakan yang tertinggi pada tahun ini. Kami juga memprediksi peningkatan tersebut akan terus mengalami kenaikan,” ujar dia.

Norman menyebutkan, tingginya transaksi keuangan itu membuat PT Pos Indonesia Cabang Indramayu segera menambah loket khusus untuk transaksi penerimaan uang bagi keluarga TKI di Indramayu.“ Keluarga bisa mengambil di kantor cabang dan sejumlah kantor cabang pembantu,” katanya. Loket khusus yang disiapkan sebanyak 19 gerai yang siap melayani pengiriman uang dari luar negeri kepada keluarga TKI di Indramayu.

Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indramayu Akhmad Junaedi mengatakan, tingginya transaksi keuangan yang dilakukan TKI dapat terlihat dari jumlah mereka yang berangkat. Hingga April 2012, jumlah TKI yang bekerja di luar negeri mencapai 4.000 orang dan sebagian besarnya bekerja di Timur Tengah. Karena itu, kata dia, meningkatnya jumlah pengiriman uang ke Indonesia terus terjadi.

“Selain melalui jasa PT Pos, para TKI juga menggunakan jasa perbankan lain dalam pengiriman uang mereka ke kampung halaman,”katanya.
Dia menyebutkan, negara yang menjadi tujuan favorit TKI asal Kabupaten Indramayu adalah Arab Saudi; Uni Emirat Arab; Oman; Qatar; Kuwait; Yordania; Suriah; Bahrain; Malaysia; Jepang; Korea Selatan; Hong Kong; Taiwan; Singapura; Brunei Darussalam; Makau, dan Amerika Serikat.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9540 seconds (0.1#10.140)