Produksi kentang Batu dilirik Australia

Rabu, 25 April 2012 - 11:30 WIB
Produksi kentang Batu dilirik Australia
Produksi kentang Batu dilirik Australia
A A A
Sindonews.com – Kualitas produksi kentang yang ditanam petani di Desa Tulungrejo hingga Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu menarik perhatian Department of Primary Industries (DPI) Australia (semacam Kamar Dagang dan Industri/Kadin).

Untuk membutikan kualitas kentang lokal Batu itu, perwakilan pengurus dari negara Kanguru itu berkunjung ke Kota Batu dan bertemu dengan petani kentang di Desa Tulungrejo. Mereka di antaranya Marketing Manager Indonesia and Philippine DPI Australia Brenden Larkin, More link Asia Pacific Service and Key Sector Philip Morey dan Ketua Kadin Wilayah Timur Indonesia Utama Kajo.

Brenden Larkin berpendapat, potensi pertanian kentang di Kota Batu masih bisa dikembangkan lagi.Apalagi soal kualitas produksinya tidak kalah dengan kentang yang dihasilkan petani Australia. ”Kita melihat sendiri kualitas kentang dari Kota Batu, sehingga kita tertarik untuk ikut serta mengembangkannnya lagi,” jelas Brenden yang tinggal di kawasan Victoria.

Menurutnya, kawasan negara Victoria sendiri sejak dulu dikenal sebagai kawasan budidaya kentang di daratan Australia. Selain untuk pengembangan bibit kentang,di kawasan Victoria juga ditanam kentang untuk konsumsi. ”Untuk pengembangan bibit, kita melakukan penelitian di laboratorium. Kini berdasarkan hasil riset, sudah bisa dihasilkan berbagai varietas.

Salah satu varietasnya akan kita coba dikembangkan di Kota Batu,”urainya saat bertemu dengan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko. Ketua Gapoktan Kentang Desa Tulungrejo Luki Budiarti mengatakan, selama ini petani kentang di desanya sebatas menanam bibit kentang jenis Granola saja. Alasannya petani kesulitan untuk mencari bibit kentang jenis lain. ”Semoga saja bibit kentang dengan varietas baru cocok dengan struktur tanah di Kota Batu,” katanya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6178 seconds (0.1#10.140)