Investor China jajaki kerja sama di Bantaeng

Rabu, 25 April 2012 - 14:59 WIB
Investor China jajaki kerja sama di Bantaeng
Investor China jajaki kerja sama di Bantaeng
A A A


Sindonews.com - Investor China yang bergerak di bidang pengembangan pelabuhan menjajaki kerja sama sekaligus pembangunan pergudangan di kawasan Pelabuhan Mattoanging, Bantaeng.

Perwakilan dari investor PT Surya Artabinanusa Tjilly Iswandy Lyono yang menggandeng pengusaha dari China itu, melakukan kunjungan dan menyurvey kondisi Pelabuhan Mattoanging Bantaeng, Selasa (24/4/2012) sore.

“Setelah kami melihat dan melakukan dialog dengan para SKPD, ternyata Bantaeng memiliki potensi yang sangat luar biasa. Ini sangat memungkinkan melakukan ekspor langsung,” urainya.

Untuk menunjang hal itu, selain pengembangan pelabuhan, juga diperlukan fasilitas pergudangan untuk mengantisipasi pengembangan komoditi di daerah ini, terutama jagung yang banyak diperlukan.

Lebih lanjut, dia menyebutkan, untuk memenuhi kebutuhan ekspor jagung, pihaknya melakukan pembelian di Makassar, namun bila kapal bisa langsung merapat di Bantaeng tentu akan mengurangi biaya transportasi.

Agar rencana pengembangan tersebut bisa sesuai dengan rencana pengembangan dari pihak pemerintah, dia berharap dapat melihat masterplan pengembangan Pelabuhan Mattoanging Bantaeng.

Kadis Perhubungan dan Infokom A Baso Fahrir mengatakan, saat ini pembangunan pelabuhan sementara pembangunan sekira Rp10 miliar. Dana sebesar itu akan digunakan untuk reklamasi pantai sebagai pembangunan terminal dan areal parkir serta fasilitas penunjang lainnya.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah mengatakan, pihaknya berharap, program pengembangan Pelabuhan Mattoanging bisa sinkron dengan program pengembangan yang dilakukan pihak otoritas Pelabuhan Makassar.

Karena itu, lanjut alumnus Universitas Kyusu Jepang tersebut, diharapkan sinergi antara Pemkab Bantaeng dengan pihak Otoritas Pelabuhan sangat diperlukan agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan di lapangan.

Selain itu, infrastruktur di sekitar pelabuhan tersebut juga harus bisa dibenahi dan seiring dengan program pengembangan jalan yang sedang digalakkan Pemkab Bantaeng.

“Bila kedua program tersebut dipadukan, diharapkan Pelabuhan Mattoanging segera dijadikan pelabuhan nusantara di bagian selatan Sulsel,” papar Nurdin.

Pemkab memang menargetkan agar pelabuhan tersebut bisa membantu perekonomian di Bantaeng, melalui pengiriman hasil pertanian ke wilayah di luar Sulsel. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6926 seconds (0.1#10.140)