Bisnis perjalanan umrah membaik

Kamis, 26 April 2012 - 10:07 WIB
Bisnis perjalanan umrah membaik
Bisnis perjalanan umrah membaik
A A A
Sindonews.com - Bisnis perjalanan umrah diperkirakan akan tumbuh signifikan, di tengah lamanya daftar tunggu keberangkatan haji oleh pemerintah. Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIPUH) Baluki Ahmad mengatakan, bisnis perjalanan umrah yang dikelola travel agen diperkirakan akan semakin membaik pada tahun ini.

Hal itu dibuktikan dari pertumbuhan minat masyarakat melaksanakan ibadah umrah selama beberapa tahun terakhir. ”Tahun lalu, travel agen perjalanan umrah memberangkatkan sekitar 260.000 orang jamaah. Jumlah tersebut naik sekitar 60.000 orang dari pencapaian tahun 2010 lalu sekitar 200.000 orang jamaah,” jelas Baluki Ahmad seusai Gathering Biro Travel Umroh se- Bandung Raya di Hotel Golden Flower, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, kemarin.

Pertumbuhan peminat umrah, diperkirakan akan terus terjadi pada tahun ini. Bahkan, dia memprediksi, peminat umrah akan lebih tinggi ketimbang tahun lalu dengan rata-rata pendaftar per harinya sebanyak 3.000 orang.

Menurut dia, peluang tersebut merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan penyedia agen perjalanan umrah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan merekrut tenaga kerja.

Namun demikian, Baluki Ahmad mengakui, pertumbuhan jamaah umrah tersebut, menyebabkan menjamurnya penyedia perjalanan umrah. Di satu sisi, hal itu cukup positif. Namun semestinya, dibarengi pelayanan maksimal pada jamaah umrah sehingga pada pelaksanaannya tidak ada jamaah umrah yang dikecewakan.

Sementara itu, Area Manager Bank Muamalat Jabar Febriyandi Benny Putera menyatakan, tahun ini pihaknya menyediakan pembiayaan umrah bernilai miliaran rupiah.

Jabar ditargetkan berkontribusi sekitar 10 persen dari total target nasional sebesar Rp2,3 triliun. ”Target tabungan umrah di Jabar sekitar Rp230 miliar. Jumlah tersebut optimistis tercapai melihat potensi nasabah dari sektor tersebut cukup besar,” kata dia. Untuk diketahui, sampai Maret 2012 realisasi pembiayaan umrah di Jabar mencapai Rp2,1 miliar. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4555 seconds (0.1#10.140)