Produksi mobil 2013 didesak gunakan converter kit

Kamis, 26 April 2012 - 14:27 WIB
Produksi mobil 2013 didesak gunakan converter kit
Produksi mobil 2013 didesak gunakan converter kit
A A A


Sindonews.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan awal Januari tahun 2013, kendaraan dengan jenis mobil akan terpasang langsung converter kit saat keluar dari pabrik. Dia mengaku telah melakukan pembicaraan dengan para pengusaha otomotif yang tergabung dalam Gaikindo, yang segera mungkin akan mencapai kesepakatan.

"Saya sedang mencapai kesepakatan produksi mobil, dia maunya dua tahun sih, cuma saya meminta akan bisa tahun depan. Jadi sekarang sedang membuat hitungan, ada masalah insurance segala kan, kalau sudah setuju nanti dia akan ketemu saya. Mungkin akan saya ajak untuk membuat kesepakatan bersama," ujarnya saat ditemui wartawan di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Rencana tersebut seiring dengan program pemerintah untuk mengendalikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dengan mengalihkan ke Bahan Bakar Gas (BBG). Akan tetapi dia tetap tutup mulut kapan kepastian kebijakan tersebut diumumkan.

"Tugas saya menyiapkan konversi, bengkel-bengkel, para otoride, enginer untuk konversi itu akan berjalan terus. Mengenai penghematan nanti yang akan bicara Menko. Programnya nanti diutarakan, cuma kapan dimulainya saya nggak berani ngomong, yang penting bulan Mei katanya," jelas Hidayat.

Sedangkan untuk kemungkinan kerusakan kendaraan karena dipindahkan ke Pertamax yang tidak sesuai dengan mesin pada mobil, Hidayat membantah bahwa sebenarnya khusus mobil keluaran 2008 keatas, harusnya pakai BBM dengan ron 92.

"Anda tahu bahwa produksi mobil sejak 2008 akhir engine-nya itu sudah menggunakan ron 92 sehingga memang harus menggunakan pertamax. Jadi nggak perlu ada perubahan apa-apa lagi. Tapi kalau banyak yang menggunakan BBM bersubsidi sebetulnya itu membuat daya tahan mesinnya berkurang," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5902 seconds (0.1#10.140)