Smartfren gandeng Jabar kembangkan kewirausahaan

Jum'at, 27 April 2012 - 15:17 WIB
Smartfren gandeng Jabar kembangkan kewirausahaan
Smartfren gandeng Jabar kembangkan kewirausahaan
A A A
Sindonews.com - Provinsi Jawa Barat akan dijadikan provinsi percontohan bagi program Maju Bersama Smartfren. Proyek kerja sama Smartfren ini ditandai dengan diresmikannya program Kerja Sama CSR Smartfren dan Pemprov Jabar untuk mendukung Jabar Cyber Province.

Deputi CEO Smartfren Tbk, Djoko Tata Ibrahim mengatakan, lewat program tersebut Smartfren mengucurkan dana antara Rp2 hingga Rp3 miliar. Dana diperuntukan bagi 130 SMA dan SMK di Jabar, serta bagi pengembangan usaha kecil menengah (UKM) di Jabar.

Program yang dijalankan yakni pemasangan jaringan internet dan pelatihan-pelatihan kewirausahaan berbasis internet.
Misalnya, untuk sekolah, dilakukan pemasangan sarana prasarana internet, mobilisasi tenaga yang ditraining selama 6 bulan, dan pemberian beasiswa. Mereka mengikuti berbagai pelatihan dan pembinaan. Tujuannya supaya para murid memiliki jiwa kompetisi.

“Ini akan jadi proyek percontohan untuk tingkat provinsi. Nanti dengan keberhasilan ini akan digulirkan ke provinsi lainnya di Indonesia,” kata Djoko, usai peresmian program kerja sama di Gedung Sate Bandung, Jumat (27/4/2012).

Menurutnya, jika Jabar sukses membangun Cyber Province, tentu akan membuat provinsi lain di Indonesia tertarik untuk mencoba program serupa. ”Kita akan siap membantu provinsi lain dengan program ini. Tapi memang Jabar lebih siap dengan adanya Duta CSR Jabar dan didukung penuh oleh Gubernurnya. Saya yakin ini akan sangat sukses,” ungkapnya.

Sebelumnya, kata Djoko, pihaknya sudah menggelar program serupa namun dengan skala yang lebih kecil. Di antaranya di Sukabumi, Cilacap, Bogor, Depok, dan tasikmalaya. Targetnya juga pengembangan UKM.

Untuk UKM, kata Djoko, Smartfren juga memberi fasilitas berupa modem Smartfren. Sehingga, UKM bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya. Smartfren juga memberikan pelatihan pembuatan web bersama. “Jabar kan sangat maju dalam industri kreatifnya, dan harus ditingkatkan lagi,” katanya.

Dia menambahkan, banyak kelebihan yang dimiliki modem Smartfren. Selain murah, juga memiliki jaringan yang kuat. Tepat untuk upload gambar, foto atau film produk UKM. “Modem Smartfren sangat efisien, bukan hanya murah, service layanan pun sangat murah. Tidak perlu kocek besar,” tambahnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4435 seconds (0.1#10.140)