Pemkab Toraja gencar lakukan promosi wisata

Senin, 30 April 2012 - 14:22 WIB
Pemkab Toraja gencar lakukan promosi wisata
Pemkab Toraja gencar lakukan promosi wisata
A A A
Sindonews.com - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tana Toraja (Tator) makin gencar mempromosikan seluruh potensi wisata yang ada di daerahnya. Tujuannya, untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Tator.

"Promosi wisata terus kami lakukan baik di tingkat nasional maupun internasional agar potensi wisata di Tator makin lebih luas dikenal," ujar Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung di Makale, Senin (30/4/2012).

Dirinya mengakui, pasca Toraja Utara melakukan pemekaran dari kabupaten Tator, objek wisata unggulan Toraja lebih banyak berada di wilayah pemekaran. Dengan begitu, pemkab Tator harus lebih memaksimalkan promosi wisata unggulan untuk menarik perhatian wisatawan berkunjung ke Bumi Lakipadada.

Ada beberapa objek wisata baru di Tator yang akan dipromosikan agar lebih dikenal luas. Diantaranya, wisata alam Pango-pango di kecamatan Makale Selatan da air terjun Sarambu Assing di kecamatan Bittuang.

Menurut Theofilus, promosi wisata Tator akan dilakukan melalui event-event pariwisata nasional maupun internasional. Salah satunya melalui event lovely desember yang sudah menjadi agenda pariwisata tahunan di Toraja. Pada tahun ini, Tator menjadi tuan rumah pelaksanaan lovely desember yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 lalu.

"Promosi wisata harus lebih gencar kami lakukan untuk menarik tingkat wisatawan lebih banyak lagi datang ke Tana Toraja," jelas Theofilus.

Menurutnya, kendala yang dihadapi pemkab Tator saat ini masih minimnya sarana dan prasarana dalam menyambut setiap wisatawan yang datang ke Tana Toraja. Wisatawan kerap kali mengeluhkan sulit mendapatkan kamar hotel pada bulan hight session (puncak kunjungan) dan pelaksanaan event lovely desember digelar. Akibatnya, wisatawan lebih banyak menginap di Toraja Utara karena ketersediaan kamar hotel di daerah itu cukup banyak.

"Disamping menggenjot tingkat kunjungan wisatawan, kami juga akan berupaya semakin terpenuhinya sarana dan prasarana penunjang pariwisata di daerah ini," kata Theofilus.

Kepala dinas pariwisata Tator, Lexianus Lintin mengatakan, promosi wisata melalui event lovely desember sudah mulai menampakkan hasilnya. Selain event-event kepariwisataan, promosi wisata Tator juga dilakukan melalui dunia maya atau website. Hasilnya, dari tahun ke tahun, tingkat kunjungan wisatawan yang datang ke Toraja semakin meningkat.

Menurutnya, jumlah kunjungan wisatawan asing ke Tana Toraja pada tahun 2011 lalu sebanyak 3674 orang atau mengalami peningkatan dibanding tahun 2010 hanya 2756 orang saja. Begitu juga dengan wisatawan domestik yang datang ke Tator pada tahun 2011 sebanyak 15.651 orang atau lebih banyak dibanding tahun 2010 lalu hanya 12.631 orang. Total kunjungan wisatawan di Tator pada tahun 2011 sebanyak 19.325 orang. Sementara total kunjungan wisatawan di tahun 2010 sebanyak 18.262 orang.

"Kami optimistis, dengan promosi yang dilakukan pemkab tator, tingkat kunjungan wisatawan tahun 2012 ini akan lebih meningkat dibanding tahun lalu," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6694 seconds (0.1#10.140)