Bulog setop jatah raskin Tana Toraja

Senin, 30 April 2012 - 15:24 WIB
Bulog setop jatah raskin Tana Toraja
Bulog setop jatah raskin Tana Toraja
A A A
Sindonews.com - Ratusan rumah tangga sasaran (RTS) di kecamatan Mappak kabupaten Tana Toraja (Tator) belum mendapat jatah beras miskin (Raskin) sejak Januari hingga April 2012. Pasalnya, pihak bulog sub divre Palopo sebagai penyalur raskin di wilayah Toraja untuk sementara menghentikan penyaluran raskin tahun 2012 ke kecamatan .

Kepala bagian perekonomian Setda Tana Toraja, Margaretha Tulak mengakui ratusan RTS di enam desa/kelurahan di kecamatan Mappak hingga kini belum menerima jatah raskin selama empat bulan. Enam desa kelurahan itu yakni, kelurahan Kondodewata, desa Butang, desa Sapaparikan, desa Miallo, desa Tanete dan desa Dewata.

Jumlah penerima raskin di kecamatan Mappak sebanyak 869 RTS. Setiap bulannya kecamatan Mappak mendapat jatah raskin sebanyak 13.035 kilogram.

Menurutnya, penghentian sementara penyaluran raskin 2012 di kecamatan Mappak disebabkan masih ada dua desa yang menunggak pembayaran raskin tahun 2011 lalu. Dua kecamatan yang belum melunasi pembayaran raskin tahun 2011 di kecamatan Mappak, yakni desa Tanete dan desa Sapaparikan. Total tunggakan dua kecamatan itu mencapai Rp24 juta.

"Hanya dua desa yang masih punya tunggakan pembayaran raskin tapi imbasnya semua kelurahan dan desa yang sudah melunasi pembayaran raskin. RTS di empat desa/kelurahan lainnya tidak diberi jatah raskin sejak Januari lalu," ungkap Margaretha di kantor sekretariat daerah (Setda) Tana Toraja, Senin (30/4/2012).

Dia mengatakan, tunggakan pembayaran raskin di dua desa di kecamatan Mappak ada di tingkat pengelolah raskin desa. Pasalnya, pembayaran raskin langsung dilunasi RTS saat menerima jatah raskin. Sayangnya, uang raskin yang dibayarkan RTS tidak langsung disetor oleh pengelolah raskin desa ke pengelolah raskin kecamatan. Akibatnya, uang raskin mengendap di tingkat pengelolah raskin desa.

Menurutnya, sistem pembayaran raskin mulai tahun 2012 cash dan carry (tunai). Pihak bulog divre Palopo tidak akan menyalurkan raskin ke desa/kelurahan yang masih punya tunggakan pembayaran raskin bulan sebelumnya. Raskin baru disalurkan jika sudah tidak ada tunggakan pembayaran raskin bulan sebelumnya.

"Itu sudah aturan yang mulai berlaku tahun ini. Biasanya, desa/kelurahan atau kecamatan diberi kesempatan dua minggu sebelum raskin bulan berikutnya disalurkan untuk melunasi raskin bulan sebelumnya. Kalau tetap menunggak, raskin tidak disalurkan," jelasnya.

Dia menegaskan, pihaknya sudah mengeluarkan surat teguran kepada kepala desa Sapaparikan dan Tanete agar secepatnya melunasi tunggakan pembayaran raskin yang masih tersisa Rp15 juta untuk desa Sapaparikan dan Rp9 juta untuk desa Tanete. Akibat masih adanya tunggakan pembayaran raskin, RTS di dua desa itu tidak akan mendapat jatah raskin hingga tunggakan dilunasi.

"Kami akan terus mendesak pengelolah raskin desa Sapaparikan dan Tanete agar secepatnya melunasi uang raskinnya tahun 2012," tegasnya.

Ketua LSM Lembaga Pijar Rakyat Indonesia (LPRI) Rasyid Mappadang diminta tanggapannya menyayangkan RTS di empat desa/kelurahan di kecamatan Mappak yang sudah melunasi pembayaran raskin ikut terkena imbas akibat dua desa lainnya masih punya tunggakan pembayaran raskin.

"Kami mendesak pemkab Tana Toraja pro aktif melakukan penagihan ke dua desa di Mappak agar secepatnya melunasi pembayaran raskinnya," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3066 seconds (0.1#10.140)