Lima perusahaan sukses tekan angka kecelakaan

Selasa, 01 Mei 2012 - 11:00 WIB
Lima perusahaan sukses tekan angka kecelakaan
Lima perusahaan sukses tekan angka kecelakaan
A A A


Sindonews.com - Sebanyak lima perusahaan yang ada di Kabupaten Majalengka, dinilai sukses menekan angka kecelakaan bagi karyawannya.

Kelima perusahaan tersebut, yakni Texnotama Lingkungan Internusa, bergerak dalam bidang pengolahan limbah; PT Akur Pratama, pengelola Pasar modern; Perum Perhutani; CV Sumber Alam dalam bidang rotan; dan Sinja Raga Santika dalam bidang industri bola.

Keberhasilan lima perusahaan dalam menekan angka kecelakaan tenaga kerja itu, mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat, berupa penghargaan Zero Accident dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), beberapa waktu lalu.

“Di Majalengka, terdapat 636 perusahaan dengan berbagai kategori, dari kecil, sedang hingga kategori besar. Dari jumlah keseluruhan itu, lima perusahaan di antaranya dinyatakan mendapatkan penghargaan Zero Accident, karena tidak ada kecelakaan yang dialami oleh karyawannya,” kata Kabid Hubungan Industrial, Sarat Kerja dan Pengawasan Ketenagakerjaan (Hubin Sakerwas KK) Dinsosnakertrans Kabupaten Majalengka Wahyudin.

Dia menjelaskan, keberhasilan lima perusahaan dalam menekan angka kecelakaan tersebut, diketahui setelah pihaknya melakukan pengawasan secara intens. Selain dari pengawasan, keberhasilan mereka juga diketahui dari data Jamsostek terkait jaminan bagi tenaga kerja.

“Lima perusahaan tersebut, tidak ada karyawannya yang mengalami kecelakaan. Kecelakaan di sini maksudnya, kecelakaan yang menyebabkan korbannya tidak bisa melakukan aktivitas selama 24 jam,” lanjut Wahyudin.

Sebelumnya Dinsosnakertrans mengajukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk kemudian diusulkan ke pemerintah pusat, sebanyak enam perusahaan yang diusulkan mendapatkan penghargaan Zero Accident. Namun, satu perusahaan di antaranya gagal, setelah diketahui tercatat salah satu karyawannya sempat mengalami kecelakaan.

“Itu diketahui dari data di Jamsostek. Sehingga, yang mendapatkan penghargaan Zero Accident, sebagai bentuk apresiasi tidak adanya kecelakaan bagi karyawan, hanya lima perusahaan itu,” papar Wahyudi.

Sementara itu, Bupati Majalengka Sutrisno juga menjadi salah satu kepala daerah yang mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Keselamatandan Kesehatan Kerja dari Menakertrans. “Bapak Bupati dinilai berhasil membina perusahaan yang ada di Kabupaten Majalengka. Sehingga beliau mendapatkan penghargaanitu,” kata Kepala Bagian Humas Setda Majalengka Maman Sutiman. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5150 seconds (0.1#10.140)