Pelaku pasar harapkan independensi Bapepam

Senin, 07 Mei 2012 - 09:41 WIB
Pelaku pasar harapkan independensi Bapepam
Pelaku pasar harapkan independensi Bapepam
A A A


Sindonews.com - Pelaku pasar modal berharap Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) mengedepankan independensi dan objektivitas dalam proses pemilihan calon direksi PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Isaka Yoga mengatakan, dengan sistem baru,peran Bapepam-LK dalam proses pemilihan direksi BEI periode 2012–2015 sangat besar. ”Pelaku pasar jadi tidak bisa mengetahui seperti visi dan misi masing-masing calon. Hal itu akan mereka sampaikan hanya kepada Bapepam- LK,” ujarnya saat dihubungi kemarin.

Dia menambahkan dengan sistem baru ini juga mengkhawatirkan pelaku pasar modal terkait keharmonisan direksi, sehingga cenderung menyebabkan kurang optimalnya kinerja BEI. Pada sistem yang baru, dalam memilih direksi, Bapepam- LK tidak memperhatikan dari paket mana direksi itu diajukan, sehingga bisa saja posisi direktur utama berasal dari paket A, posisi direktur penilaian perusahaan berasal dari paket C, dan direktur keuangan dan SDM dari paket B.

Kendati begitu, dia berharap semuanya bisa berjalan seperti yang diharapkan. Apalagi, pada masa mendatang industri pasar modal nasional akan menghadapi tantangan yang semakin berat, di antaranya adanya peralihan peranan dan fungsi Bapepam-LK kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta persiapan menghadapi pasar terintegrasi ASEAN 2015.

Direktur Utama Finan Corfindo Nusa Edwin Sinaga mengatakan, potensi Bapepam-LK tidak independen dalam pemilihan direksi BEI bisa saja terjadi. Namun, dia mengatakan ada baiknya seluruh pelaku pasar modal tidak meragukan independensi dari Bapepam-LK. “Aturan baru banyak positifnya, antara lain mengurangi intervensi pelaku pasar dalam pasar modal,” tutur dia.

Seperti diketahui, peraturan baru Bapepam-LK Nomor III.A.3 tentang Direktur Bursa Efek telah mengubah proses pemilihan direksi baru.Dalam Keputusan Ketua Bapepam-LK Nomor KEP-54/BL/2012 disebutkan bahwa pemilihan direksi BEI akan dilaksanakan Bapepam-LK.

Nantinya, pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hanya mengangkat paket direksi yang telah dipilih oleh Bapepam- LK tersebut. Akhir pekan lalu, Bapepam-LK telah menerima tiga paket calon direksi BEI.

Sementara itu, Bapepam-LK menjamin pemilihan direksi BEI akan dilakukan secara objektif dan independen. Terkait hal itu, Kepala Biro Lembaga Transaksi Efek Bapepam-LK Yunita Linda Sari mengatakan, Bapepam-LK mewacanakan bisa mengundang narasumber untuk memberikan masukan kepada Bapepam-LK.

Calon dirut BEI dari paket III yang juga Presdir Mandiri Sekuritas, Harry Maryanto Supoyo, mengatakan belum bisa memberikan banyak komentar mengenai visi dan misi yang akan dilakukan jika terpilih sebagai dirut BEI. ”Saya ingin bursa kita lebih maju dan jadi bursa yang cukup disegani di kawasan Asia,” kata dia melalui pesan pendek.

Di sisi lain, Ito Warsito mengaku belum bisa memberikan komentar tentang pencalonannya karena masih menjabat dirut BEI. Sementara calon direksi dari paket II yang juga Direktur Evergreen Capital Rudy Utomo, mengatakan belum saatnya untuk memberikan informasi mengenai misi dan visi karena masih sangat rawan diduplikasi pihak lain. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9701 seconds (0.1#10.140)