Gerakan penghematan, Dahlan cek tagihan listrik BUMN

Selasa, 08 Mei 2012 - 12:10 WIB
Gerakan penghematan, Dahlan cek tagihan listrik BUMN
Gerakan penghematan, Dahlan cek tagihan listrik BUMN
A A A
Sindonews.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan akan segera mempersiapkan institusinya untuk menghadapi program penghematan listrik yang diusung oleh Kementerian ESDM dalam rangka penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Langkah pertama yang akan diambil Dahlan adalah dengan mengumpulkan setiap tagihan pengeluaran listrik dari setiap perusahaan BUMN.

"BUMN saya minta, sekarang ini semua BUMN itu bayar listriknya itu berapa. Ini lagi dikumpulin datanya. Kita lihat, sudah efisien atau belum. Kalau belum, ya bisa turun berapa," ujar Dahlan saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (8/5/2012).

Belum ada target khusus diutarakan Dahlan, karena mesti mempelajari data pengeluaran yang ada. Dia memastikan satu minggu kedepan, data tersebut akan segera diperolehnya.

"Harus, kita lihat dulu berapa data masuknya berapa dulu. Pengeluaran seluruh BUMN untuk bayar listrik itu, karena begini ya, tujuan menghemat listrik itu kan mengehmat BBM. Seminggu lah, gampang kok tinggal ngambil dari komputer," tegasnya.

Dia juga menuturkan, jam hemat listrik yang paling efektif itu adalah antara pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB . Maka dari itu salah satu contoh saja, seperti lampu jalan tol akan segera diganti dengan pemakaian solar shell.

"Nah, menghemat listrik pagi hari itu menghemat BBM, hemat listrik yang paling penting itu jam 4 sore sampai jam 10 malam. Itu yang bisa menurunkan BBM, maka itu lampu tol diganti dengan menggunakan solar shell karena dia menggunakan listriknya Jam 4 sore melewati. Jadi kita minta penghematan dilakukan terutama jam 4 sore sampai dengan 10 malam," pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7424 seconds (0.1#10.140)