Waskita terbitkan obligasi Rp750 M

Rabu, 09 Mei 2012 - 09:18 WIB
Waskita terbitkan obligasi Rp750 M
Waskita terbitkan obligasi Rp750 M
A A A


Sindonews.com - PT Waskita Karya Persero memastikan akan menerbitkan surat utang (obligasi) dengan nilai mencapai Rp750 miliar pada bulan ini.Dana hasil penerbitan surat utang sebagian besar akan digunakan perseroan untuk modal kerja.

Direktur Utama Waskita Karya M Choliq mengatakan, perseroan akan melakukan paparan publik (publicexpose) penerbitan obligasi pada hari ini. “Listingakan kami lakukan paling lambat tiga minggu setelah public expose,” kata dia di Jakarta kemarin.

Dia menjelaskan, obligasi dalam denominasi rupiah tersebut akan diterbitkan sekaligus. Adapun, tenor dari surat utang itu mencapai lima tahun.

Dalam melaksanakan aksi korporasinya, perseroan telah menunjuk PT Bahana Securities selaku penjamin emisi (underwriter) obligasi. Menurutnya, dana hasil penerbitan obligasi tersebut, selain digunakan untuk modal kerja,juga untuk merestrukturisasi utang jangka pendek perseroan.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) baru-baru ini menetapkan peringkat Akepada PT Waskita Karya dengan prospek stabil.

Analis Pefindo Rachmadi Kurniawan menuturkan, peringkat tersebut mencerminkan posisi perusahaan yang kuat di industri konstruksi dalam negeri,pemulihan yang tepat setelah proses restrukturisasi dan keunggulan sebagai perusahaan konstruksi milik negara.

Kendati demikian, peringkat tersebut dibatasi financial leverage perusahaan yang agresif, margin keuntungan yang lebih rendah dibanding dengan perusahaan konstruksi lain.

Penerbitan obligasi ini merupakan langkah perseroan menjadi perusahaan publik pada tahun ini, bersama dengan PT Semen Baturaja dan PT Pegadaian Persero, juga dipersiapkan untuk melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, Kementerian BUMN telah meminta PT Waskita Karya dan PT Pegadaian untuk bisa melaksanakan IPO pada tahun ini.

Bahkan, pemegang saham perusahaan pelat merah tersebut telah melayangkan surat resmi kepada Waskita maupun Pegadaian terkait keinginan tersebut. “Saya pagi tadi (kemarin) sudah mengirimkan surat ke Pegadaian dan Waskita untuk meminta persetujuan ke mereka untuk melakukan IPO tahun ini,” ujarnya.

Dia berharap, sudah menerima balasan dari dua perusahaan tersebut dalam dua hingga tiga hari ke depan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7821 seconds (0.1#10.140)