Ketua RW di Cimahi diberi modal usaha

Senin, 14 Mei 2012 - 09:48 WIB
Ketua RW di Cimahi diberi...
Ketua RW di Cimahi diberi modal usaha
A A A
Sindonews.com – Seorang pengusaha asal Kota Cimahi segera memberikan modal usaha kepada seluruh Ketua RW se-Kota Cimahi . Bantuan itu berupa perangkat komputer beserta uang tunai sebesar Rp5 juta.

Pengusaha sukses itu bernama, Eman Sulaeman mengatakan, dirinya menyediakan dana sebesar Rp3,12 miliar untuk memberikan bantuan modal usaha kepada seluruh ketua RW. Bantuan itu, kata dia, diharapkan dapat membantu perputaran roda perekonomian di daerah tersebut meningkat.

Dia menjelaskan, bantuan perangkat komputer dan uang tunai itu diperuntukan bagi usaha di bidang jasa pembayaran berbagai tagihan secara online seperti tagihan listrik, telepon, air minum, bahkan hingga cicilan sepeda motor.

“Saat ini baru 100 ketua RW yang menerima perangkat komputer. Nantinya, 321 ketua RW se-Kota Cimahi akan mendapatknya juga,”kata dia.

Ditemui usai bimbingan teknis tata kelola usaha tersebut, Eman mengatakan,hingga saat ini,Ketua RW kerap kali dipandang sebelah mata,mereka tidak memeroleh imbalan atas tugas dan tanggung jawabnya. Padahal,tanggung jawab mereka begitu besar bagi masyarakat dan lingkungannya. Eman mengungkapkan, program itu tidak diberikan cumacuma.

Tapi,setiap ketua RW yang menerima bantuan harus menyisihkan keuntungannya untuk pengembalian modal usaha tersebut. Dengan begitu,diharapkan seluruh Ketua RW akan terpacu dalam mengembangkan usahanya kelak. “Kailnya saya berikan kepada mereka, selebihnya mereka yang akan mengembangkan,”ujar Eman.

Selain menguntungkan Ketua RW, kata Eman,warga pun tak perlu lagi mengeluarkan ongkos transportasi untuk melakukan pembayaran berbagai macam tagihan karena mereka bisa melakukannya di rumah Ketua RW-nya masing-masing.

Ketua RW 02 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Arifin Kanditje mengaku senang dengan terobosan tersebut. Menurutnya, bantuan ini merupakan bentuk perhatian yang sangat menyentuh perasaan seluruh Ketua RW.

“Selama ini,kami seperti dikesampingkan meskipun kami dibebani tanggung jawab yang cukup besar.Program ini adalah apresiasi bagi kami,” ungkap Kanditje.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9523 seconds (0.1#10.140)