Juli, proyek terminal Bandara Ahmad Yani dilelang

Jum'at, 18 Mei 2012 - 11:33 WIB
Juli, proyek terminal Bandara Ahmad Yani dilelang
Juli, proyek terminal Bandara Ahmad Yani dilelang
A A A
Sindonews.com – Proyek pembangunan terminal penumpang Bandara Ahmad Yani Semarang segera dilelang. Proyek merupakan bagian utama dari pengembangan bandara.

General Manager PT Angkasa Pura Bandara Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmiko mengatakan, sekarang ini tengah dilakukan pemadatan lahan yang akan dipakai untuk terminal penumpang. “Saat ini proses pengurukan hampir selesai,” katanya,kemarin. Setelah pemadatan selesai, lanjut dia, proyek pembangunan fisik terminal penumpang bisa segera dilakukan. Sementara lelang terminalnya direncanakan dilaksanakan pada akhir Juli mendatang.

Terkait ketentuan lelang beserta panitianya,sebut Priyo, akan ditangani langsung oleh kantor pusat PT Angkasa Pura. Sedangkan desain terminal penumpang yang baru sudah selesai dibuat.Dia menjanjikan terminal penumpang Bandara Ahmad Yani Semarang yang baru nanti akan menarik. Pada desainnya, terminal dibangun dengan gaya bangunan di atas air.

Konsep tersebut diambil karena lokasi yang akan dibangun terminal penumpang merupakan lahan tambak.Terminal penumpang baru nanti dibangun dengan luas 26 ribu meter persegi. Itu jauh lebih luas dibandingkan terminal yang ada sekarang ini hanya 6.708 meter persegi. Demikian juga dengan apron yang akan dibangun dengan luas 63 ribu meter persegi. Apron yang sekarang luasnya hanya 29 ribu meter persegi.

”Apron baru bisa menampung 10 pesawat besar,” imbuh Priyo. Pihaknya berharap seluruh proses pembangunan pengembangan Bandara Ahmad Yani bisa selesai tepat waktu. Sehingga ke depan dapat lebih mendukung rencana bisnis dari Angkasa Pura. Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan, pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang ditarget selesai pertengahan 2013.

Melalui pengembangan itu, akses masuk bandara pindah dari yang sekarang lewat Bundaran Kalibanteng nantinya melalui kawasan PRPP. Sejalan dengan pembangunan terminal penumpang dan apron, pembangunan akses jalan masuk yang pembiayaannya dari Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang juga berjalan lancar.

Sementara itu,Kepala Dishubkominfo Jateng Urip Sihabudin mengutarakan, dalam bulan ini akan dilakukan lelang untuk pembangunan akses jalan masuk ke terminal dari PRPP.

“Mei ini lelang tahap pertama untuk jalan masuk dari PRPP yang cabang ke kiri menuju terminal,”sebutnya. Melihat proses pengembangan bandara, Urip yakin pembangunan akan selesai sesuai jadwal.“Juni 2013 semua pekerjaan sudah selesai, termasuk apron,”tambahnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5265 seconds (0.1#10.140)