Jabar provinsi terbaik pengendali inflasi

Minggu, 20 Mei 2012 - 15:17 WIB
Jabar provinsi terbaik pengendali inflasi
Jabar provinsi terbaik pengendali inflasi
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menilai Jawa Barat sebagai provinsi yang berhasil dalam mengendalikan inflasi. Karena itu, Hatta memberikan penghargaan Tim Pengendalian Inflasi daerah (TPID) Terbaik Tahun 2011 kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Menurut Hatta penghargaan tersebut sebagai apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada Gubernur Jawa Barat atas keberhasilan TPID Jawa Barat dalam mendukung stabilisasi harga se-wilayah Jawa. Penghargaan disampaikan bersamaan dengan Acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III TPID Tahun 2012 di Jakarta, Rabu 16 Mei lalu.

“Jabar inflasinya terendah. Kita kendalikan inflasi dengan baik di bawah nasional terus menerus, sejak 2008 selalu di bawah nasional. Salah satunya ketika ada TPID Jawa Barat,” kata Heryawan, saat ditemui di Bandung, Sabtu 19 Mei kemarin.

Sementara melalui rilis Pemprov Jabar, Heryawan menyatakan sejak akhir 2008 di Jabar sudah terbentuk Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi (FKPI). Dalam forum tersebut, semua pihak terkait melakukan sejumlah upaya, baik menelurkan kebijakan maupun langkah operasional di lapangan dalam rangka mengendalikan tingkat inflasi.

“Sejak terbentuknya FKPI, inflasi Jawa Barat selalu lebih rendah dibandingkan inflasi nasional. Hal itu wujud kesatuan dinas atau instansi Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Bank Indonesia yang berperan aktif melakukan upaya pengendalian inflasi,” katanya.

Menurutnya, saat ini telah terbentuk FKPI/TPID di seluruh kota pembentuk inflasi di Jabar seperti Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Cirebon, Sukabumi, dan Tasikmalaya. Dengan kehadiran FKPI dan TPID di sejumlah wilayah tersebut mendorong percepatan terlaksananya program pengendalian inflasi yang telah dicanangkan oleh FKPI Jabar.

Perkembangan terkini pada April 2012, laju inflasi Jawa Barat mencapai 4,04 persen atau lebih rendah dari nasional sebesar 4,50 persen. “Kinerja yang baik ini tidak terlepas dari kebijakan pengendalian inflasi yang telah dilakukan,” kata Heryawan.

Sehingga, sambung dia, Jabar layak menyabet predikat provinsi terbaik dalam hal kinerja TPID dibanding provinsi lainnya. Prestasi tersebut, ujarnya akan semakin memacu Jawa Barat dan semua pihak terkait guna menjadikan Jawa Barat sebagai kawasan yang kondusif bagi pertumbuhan perekonomian dan pembangunan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5874 seconds (0.1#10.140)