LPPP beri kemudahan kredit di BPR Kadin

Senin, 21 Mei 2012 - 11:03 WIB
LPPP beri kemudahan kredit di BPR Kadin
LPPP beri kemudahan kredit di BPR Kadin
A A A


Sindonews.com - Lembaga Pengusaha Pemuda Pancasila (LPPP) berjanji akan memberikan kemudahan permohonan kredit bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) milik Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Selama ini banyak pengusaha UMKM mengalami kendala dalam soal agunan. Kami telah bekerjasama dengan BPR Kadin dan akan mengusahakan adanya pemberian kredit tanpa agunan bagi pengusaha binaan kami,” ujar Ketua LPPP Arianto Burhan di Makassar, akhir pekan kemarin.

Sebagai tahap awal, LPPP akan membantu pemberian kredit kepada 60-an anggota Asosiasi Kuliner Mobile (Sikomo) Makassar yang ingin mengembangkan usahanya.

Sikomo Makassar merupakan kumpulan pengusaha kuliner yang tidak memiliki tempat tetap untuk berjualan. “Selain kami usahakan tanpa agunan, BPR Kadin juga telah bersedia memberikan suku bunga yang jauh lebih rendah dari suku bunga bank konvensional,” kata Arianto.

Ketika ditemui kemarin, Arianto sedang melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sikomo Makassar. Dalam MoU tersebut terdapat kesepakatan adanya jaminan keamanan dari LPPP bagi pengusaha kuliner berjalan tersebut ketika berada di tempat-tempat berjualan di Makassar.

Ketua Sikomo Makassar Sahrul Sutarman mengatakan, LPPP merupakan wadah yang bisa mengarahkan Sikomo Makassar ke depan lebih baik. Apalagi asosiasi ini merupakan bentukan baru. “Ibarat bayi, kami masih harus diarahkan. Semoga dengan kerjasama ini bisa lebih baik lagi,” kata dia.

Ketua DPW Pemuda Pancasila Sulsel Diza Rasyid Ali yang menyaksikan penandatangan MoU tersebut berharap ada lokasi-lokasi baru atau semi permanen yang bisa digunakan untuk berjualan kuliner bagi anggota Sikomo Makassar sehingga tidak perlu berpindah-pindah lagi.

“Kami akan usahakan adanya lokasi baru, atau bahkan bisa ikut pada acara-acara tertentu sehingga tidak melulu pada satu lokasi. Apalagi Sikomo ini tidak harus permanen di satu tempat. Kami juga akan berupaya ada kepastian dari pemerintah kota soal lokasi yang baik,” tandasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7103 seconds (0.1#10.140)