Perumnas sediakan 500 rumah murah khusus buruh

Selasa, 22 Mei 2012 - 15:18 WIB
Perumnas sediakan 500 rumah murah khusus buruh
Perumnas sediakan 500 rumah murah khusus buruh
A A A
Sindonews.com - Perum Perumnas Regional IV Jabar-Banten dalam waktu dekat menyiapkan 500 unit rumah khusus buruh yang akan dibangun di Soreang, Kabupaten Bandung. General Manager Perum Perumnas Regional IV Jabar-Banten Sugeng Saiful menegaskan, pihaknya siap untuk merealisasikan dan mendukung perumahan khusus itu.

“Adanya program perumahan bagi buruh ini membantu target pembangunan rumah yang dibebankan kepada Regional IV,” tutur Sugeng usai penandatanganan MoU Program Perumahan untuk Buruh bersama perwakilan pengurus sejumlah Serikat Pekerja dan Serikat Buruh di Bandung, di kantor Perum Perumnas Regional IV Jabar-Banten, Jalan Suci, Kota Bandung, Selasa (22/5/2012).

Menurutnya, hal itu dilakukan mengingat buruh adalah salah satu masyarakat berpenghasilan rendah. Diharapkan dengan adanya program ini bisa membantu para buruh.

Sementara itu, Manajer Pemasaran Perum Perumnas Regional IV Setiawati menjelaskan, tahun 2012 pihaknya memiliki target penjualan 1.200 unit rumah. Menurutnya dengan adanya pasar pekerja atau buruh, pihaknya terbantu untuk penyediaan rumah bagi kalangan menengah bawah.

"Lahan yang kami miliki dan disiapkan itu di Soreang atau tepatnya dekat Polres Bandung. Bila nanti ternyata banyak buruh yang minat, kami akan mencari lahan lagi untuk membangun rumah," katanya.

Ditempat yang sama, Ketua DPW Serikat Pekerja Perum Perumnas Regional IV Jabar-Banten, Satriawan menjelaskan lahan khusus buruh disediakan seluas delapan hektare. "Rumah nantinya tipe 36. Harganya, Rp70 juta dan bisa diangsur selama 15 tahun. Atau bisa dicicil Rp500 ribu per bulan," paparnya.

Untuk itu, kini pihaknya akan mulai mendata para buruh yang berminat melalui kerjasama dengan Serikat Pekerja dan Serikat Buruh. Dan nantinya para buruh bisa mendaftar kepada masing-masing Serikat Pekerja dan Serikat Buruh. Diharapkan, pada akhir 2012, 500 unit rumah bisa terisi semua. Sedangkan, sistem pemesanan bisa dilakukan setelah rumah dibangun. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3432 seconds (0.1#10.140)