Kelangkaan LPG 3 kg karena halangan transportasi

Jum'at, 25 Mei 2012 - 18:47 WIB
Kelangkaan LPG 3 kg karena halangan transportasi
Kelangkaan LPG 3 kg karena halangan transportasi
A A A
Sindonews.com - Kelangkaan LPG yang terjadi di beberapa daerah dinilai akan menimbulkan efek terhadap kenaikan harga bahan pokok dan pastinya memberatkan masyarakat. Pemerintah, dalam hal ini dipaksa untuk mencari langkah tegas, agar kelangkaan tersebut dapat dihentikan. Pertamina, sebagai regulator pun harusnya ikut bertanggung jawab.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Evita Legowo menuturkan bahwa dirinya sudah meminta konfirmasi dari Pertamina. Dirinya mengakui, memang ada halangan sedikit di wilayah transportasi sehingga mengganggu jalannya distribusi.

"Sebetulnya nggak terlalu ya , saya sudah cek ke Pertamina, kemaren itu kebetulan ada halangan di transportasi saja sedikit," ujar Evita saat ditemui di JCC, Senayan Jakarta, Jumat (25/5/2012).

Seperti diketahui kelangkaan elpiji ukuran 3kg di Jawa Barat sendiri telah meluas. Sejumlah distributor yang berada di kabupaten dan kota mengaku semakin sulit mendapatkan pasokan LPG ukuran 3 kg. Kelangkaan elpiji ini terjadi di Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung.

Untuk wilayah Jabar Pertamina berencana akan menambah 504.600 tabung LPG 3 kg untuk menstabilkan kelangkaan dan lonjakan harga LPG. "PT Pertamina telah mengalokasikan tambahan tabung LPG 3 kg sebanyak 504.600 unit untuk di sebar di beberapa daerah Jabar. Extra dropping dilakukan secara selektif di beberapa area yang memerlukan tindakan penambahan suplai," ucap Humas PT Pertamina region III Susi Prasetya.

Selain itu Pertamina juga mengungkapkan akan menata ulang lembaga penyalur gas LPG di wilayah kerja LPG & Gas Products Region III yang meliputi Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat (Jabar), dan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

“Kebijakan ini untuk melindungi konsumen dari tindakan penyelewengan,” kata General Manager Fuel Retail Marketing Region III selaku Koordinator Pemasaran Jawa Bagian Barat Hasto Wibowo.

Penataan akan dilakukan dengan mendata ulang pangkalan yang menyalurkan LPG ukuran 3 kg. Selain itu, Pertamina juga akan membuat kartu kendali untuk pemakai gas LPG 3 kg. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3194 seconds (0.1#10.140)