Gubernur Kalimantan sepakat sediakan BBM nonsubsidi

Senin, 28 Mei 2012 - 18:51 WIB
Gubernur Kalimantan sepakat sediakan BBM nonsubsidi
Gubernur Kalimantan sepakat sediakan BBM nonsubsidi
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, menyatakan para gubernur di Kalimantan sudah sepakat untuk menyiapkan dan menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi sebagai pengganti permintaan sebelumnya. Hal tersebut diungkapkannya, setelah melakukan perbincangan dengan para pimpinan provinsi itu sebelumnya.

"Mau katanya, yang penting ada barangnya. Toh selama ini mereka juga sebagian beli di luar, dieceran Rp10 ribu, dia beli juga. Asal ada barangnya BBMnya didrop sajalah. Kalimantan, kami mampu membeli, kata mereka," ujar Jero saat ditemui di Kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (28/5/2012)

Kemudian dari sisi Pertamina sebagai operator, Jero memastikan juga sudah siap. Sehingga, para gubernur tersebut hanya perlu menyiapkan infrastruktur berupa tanki atau dispenser untuk menyimpan BBM nonsubsidi.

"Saya cek pertamina, ada barang, Premium dan Solar yang nonsubsidi, Pertamax tambah, ada berapa yang diminta oleh para gubernur, cek kesana, dan kasih, berikan itu barang," jelasnya.

Secara resmi, memang keputusan tersebut belum dikeluarkan. Akan tetapi dalam waktu dua minggu kedepan, rencana itu akan terealisasi. "Dua minggu ini akan beres, karena Pertamina sudah siap," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina Hanung Budya, menyatakan hal yang selaras dengan Menteri ESDM Jero Wacik. Dia mengatakan, Pertamina siap menyediakan berapapun BBM nonsubsidi yang diminta.

"Berapapun kebutuhannya Pertamina akan memenuhinya, jadi berapa pun kebutuhan BBM nonsubsidi Pertamina akan penuhi," ujarnya di kesempatan yang sama.

Dia menambahkan, selain itu Pertamina juga mempersiapkan penambahan SPBU untuk BBM nonsubsidi di Kalimantan Selatan dan Tengah, dari 15 SPBU yang ada.

"Kemudian dalam waktu dekat akan tambah lagi dari sekira 110 SPBU di Kalteng untuk nonsubsidi," tandasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3125 seconds (0.1#10.140)