Jasa Marga bangun PJU tenaga surya Rp36 M

Rabu, 06 Juni 2012 - 09:11 WIB
Jasa Marga bangun PJU tenaga surya Rp36 M
Jasa Marga bangun PJU tenaga surya Rp36 M
A A A
Sindonews.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menginvestasikan dana sebesar Rp36 miliar untuk pemasangan penerangan jalan umum (PJU) solar cell atau tenaga surya di 1.500 titik lampu yang lebih hemat energi pada ruas tol Cawang- Tomang-Cengkareng sepanjang 38 kilometer (km).

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman mengatakan, penggunaan PJU tenaga surya di ruas tol tersebut telah dipasang mulai 20 Mei 2012. Sebelumnya Jasa Marga menggunakan lampu penerangan lalu lintas dengan daya sebesar 600 ribu watt per bulan.

”Kami menargetkan bisa memasang total 1.800 titik lampu hingga akhir tahun ini pada ruas tol Cawang-Tomang-Cengkareng,” kata Adityawarman seusai menghadiri acara penyerahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) PJU Solar Cell Terpanjang di Indonesia di Jakarta, kemarin.

Dengan pemasangan PJU solar cell, menurut dia, perusahaannya bisa menekan efisiensi untuk biaya pembayaran listrik per bulan Rp620 juta atau Rp7,44 miliar per tahun.

Meski demikian, penghematan tersebut baru akan dirasakan pada lima tahun mendatang setelah biaya pembangunannya kembali memperoleh keuntungan. Sementara,Menteri BUMN Dahlan Iskan yang turut hadir dalam acara tersebut berharap, penggunaan PJU solar cell ini bisa digunakan tidak hanya pada ruas jalan tol, tapi juga di jalan nasional dan daerah.

Kementerian BUMN telah mengusulkan hal tersebut dalam sidang kabinet. ”Nantinya diusulkan ada regulasi yang mengatur bahwa seluruh gubernur, wali kota,dan bupati harus mengganti lampu penerangan jalan dengan tenaga surya, sehingga bisa lebih hemat listrik dari PLN,”ujar Dahlan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0009 seconds (0.1#10.140)