Bandung SkyBridge, kereta gantung pertama di Asia

Selasa, 12 Juni 2012 - 16:23 WIB
Bandung SkyBridge, kereta gantung pertama di Asia
Bandung SkyBridge, kereta gantung pertama di Asia
A A A


Sindonews.com - Pembangunan proyek transportasi Cable Car Bandung SkyBridge (BSB) diklaim menjadi satu-satunya kereta gantung yang dijadikan alat transportasi massal di Asia.

"Bukan hanya di Indonesia, atau Asia Tenggara, tapi di seluruh Asia baru Bandung yang menjadikan kereta gantung sebagai transportasi publik," ujar Direktur Utama PT Aditya Dharmaputra Persada, Sandjaya Susilo di Stasiun BSB Ateja Land Lestari, Jalan Pasteur 196, Kota Bandung, Selasa (12/6/2012).

Pengembang BSB di Kota Bandung ini berharap, kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan juga membangun kereta gantung sebagai sarana transportasi.

"Cable Car ini merupakan sistem transportasi ramah lingkungan, karena tidak mengeluarkan emisi. Selain itu tidak bersuara atau bising," katanya.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (PLT) Kadishub Bandung Ubad Bachtiar mengungkapkan, BSB mampu menjadi solusi untuk mengurangi jumlah pertumbuhan kendaraan bermotor. Menurutnya, saat ini pertumbuhan kendaraan bermotor di Kota Bandung mencapat 11 persen pertahunnya.

"Selain mengurangi kendaraan bermotor juga bisa mengatasi kemacetan yang disebabkan oleh bangunan liar, parkir liar, dan pasar tumpah," jelasnya.

Tidak hanya itu, bahkan dengan adanya Cable Car ini diharapkan, bisa mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh keluar-masuknya kendaraan dari luar Kota Bandung melalui jalan tol yang mencapat 15 ribu perhari. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8079 seconds (0.1#10.140)