Kemenhub jajaki bangun kereta lintas Sumatera

Kamis, 14 Juni 2012 - 10:12 WIB
Kemenhub jajaki bangun kereta lintas Sumatera
Kemenhub jajaki bangun kereta lintas Sumatera
A A A


Sindonews.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah menjajaki pembangunan jalur kereta api (KA) Trans- Sumatra dari Provinsi Lampung hingga Aceh dengan mekanisme kerja sama pemerintah swasta (KPS).

Direktur Sarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Sugiadi Waluyo mengatakan,estimasi dana yang dibutuhkan per kilometer (km) sebesar Rp25 miliar. Namun jika kondisi di lapangan terdapat banyak jembatan dan timbunan-timbunan, diperkirakan bisa mencapai Rp35–40 miliar.

Saat ini pemerintah masih melakukan studi kelayakan untuk pembangunannya dan sedang mencari investor. ”Jadi, kita yang menyiapkan studinya kalau nanti ada yang mau, silakan. Kita permudah,” kata Sugiadi usai diskusi kebutuhan logistik KA di Jakarta, kemarin.

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya masih melakukan kajian dengan membentuk tim di masing-masing provinsi. Tim tersebut nantinya akan melaporkan pengembangan study di masingmasing wilayah dan kemudian digabung menjadi satu. Dia menargetkan jalur KA Trans- Sumatera telah terbangun pada 2030.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan,Distribusi dan Logistik Natsir Mansur mengatakan, pihaknya mengajak Kadin Jepang untuk berinvestasi di jalur double track Jakarta-Surabaya.

Selain mengajak Kadin Jepang, pihaknya mengajak swasta untuk bergabung berinvestasi di jalur KA. “Untuk Kadin Jepang, kita berusaha agar mayoritas investasinya sekitar 51% untuk swasta Indonesia dan 49% untuk Kadin Jepang,” kata Natsir. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5466 seconds (0.1#10.140)